Jokowi Kritik Media "Online" - Kompas.com

Jokowi Kritik Media "Online"

Kontributor Mataram, Karnia Septia
Kompas.com - 09/02/2016, 17:21 WIB
PRESIDENTIAL PALACE/ Agus Suparto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Hari Pers Nasional di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/2016).

MATARAM, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengkritik media online yang kerap mengabaikan etika pemberitaan dan hanya mengutamakan kecepatan.

"Kepatuhan kepada kode etik jurnalisme, kepada etika pemberitaan, itu sering dan banyak sekali diabaikan karena inginnya cepat," kata Jokowi dalam perayaan Hari Pers Nasional di Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/2/2016).

Jokowi mengaku selalu membaca media online, terutama saat perjalanan di mobil atau di dalam pesawat.

Menurut Jokowi, karena mengabaikan etika pemberitaan dan mengutamakan kecepatan, beberapa berita di media online menjadi tidak akurat.

"Beritanya menjadi tidak berimbang. Beritanya campur aduk. Dicampuradukkan antara fakta dan opini dan kadang-kadang menghakimi seseorang. Itu menurut saya berbahaya sekali," kata Jokowi.

Ia berharap agar pers tetap dipercaya oleh publik sebagai pilar keempat demokrasi dan menghadirkan informasi yang jujur, akurat, obyektif, serta selalu memberikan tempat pada suara, pada pemikiran, dan pada gagasan terbaik masyarakat.

PenulisKontributor Mataram, Karnia Septia
EditorLaksono Hari Wiwoho
Komentar