Hasilkan 671 Pengajar Muda dalam 5 Tahun, Indonesia Mengajar Gelar Syukuran - Kompas.com

Hasilkan 671 Pengajar Muda dalam 5 Tahun, Indonesia Mengajar Gelar Syukuran

Abba Gabrillin
Kompas.com - 31/01/2016, 13:09 WIB
Andri Donnal Putera Menteri Pendidikan Anies Baswedan saat menghadiri Kompasianival 2015 "Indonesia Juara" di Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Indonesia Mengajar menggelar syukuran atas keberhasilan yang dicapai dalam 5 tahun terakhir.

Sejak 2010, program nirlaba yang fokus pada bidang pendidikan tersebut telah menghasilkan 671 pengajar muda yang tersebar di sejumlah tempat terpencil dan terpelosok di Indonesia.

"Program ini luar biasa, ada banyak gerakan baru tumbuh dari Indonesia Mengajar," ujar salah satu penggagas program Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2016).

Menurut Anies, acara ini digelar sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas apa yang telah dicapai para relawan hingga saat ini.

Program Indonesia Mengajar saat ini telah menelurkan beberapa program lain seperti Kelas Inspirasi, Penyala, dan Ruang Berbagi Ilmu.

Menurut Anies, untuk Kelas Inspirasi saja saat ini telah dilakukan di 300 kota seluruh Indonesia.

Kelas Inspirasi mengajak kalangan profesional dari latar belakang apapun untuk berbagi inspirasi selama satu hari kepada anak-anak di berbagai daerah.

"Minat relawan luar biasa tinggi, hanya dengan kesadaran ini bukan tentang kita, tapi tentang Indonesia, ekspresi cinta karena kita orang Indonesia," kata Anies yang juga sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Saat ini, program Indonesia Mengajar telah sampai pada angkatan ke-XIII, dan menjangkau 20 kabupaten/kota. Setiap tahunnya, terdapat dua angkatan yang ditugaskan ke daerah, dengan masing-masing angkatan terdiri dari 50 pengajar muda.

PenulisAbba Gabrillin
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM