Ruhut Yakin Jam Tangan Setya Novanto Bukan Barang "KW" - Kompas.com

Ruhut Yakin Jam Tangan Setya Novanto Bukan Barang "KW"

Ihsanuddin
Kompas.com - 07/09/2015, 16:27 WIB
AP Ketua DPR Setya Novanto dan Donald Trump

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, meyakini, jam tangan Richard Mille yang dikenakan Ketua DPR Setya Novanto saat bertemu bakal calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump, merupakan barang asli. Jam tangan itu disebut berharga hingga miliaran rupiah.

"Kalau nanti dia bilang itu "KW", saya enggak percaya," kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Ruhut mengaku mengenal sosok Novanto sebagai pengusaha sukses yang juga sangat memikirkan penampilan. Oleh karena itu, kata dia, tidak mungkin politisi Partai Golkar tersebut mau membeli barang palsu.

"Kalau dulu kan ada juga Perwira TNI yang ngakunya pakai Jam KW. Nah, kalau Ketuaku ini enggak mungkinlah (pakai barang) KW. Ngeri...," ucap Ruhut.

AP Jam tangan yang dipakai Ketua DPR Setya Novanto ini diprediksi senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.
Menurut Ruhut, sebenarnya, dengan kemampuan finansial, Novanto sah-sah saja membeli dan menggunakan jam tangan tersebut. Namun, sebagai Ketua DPR, kata dia, seharusnya Novanto lebih menunjukkan rasa empati kepada masyarakat yang saat ini hidupnya masih sulit.

Meski demikian, Ruhut sendiri enggan buka-bukaan soal jenis dan harga jam tangan yang dikenakannya. Ruhut hanya berseloroh saat ditanya wartawan mengenai jam tangan yang tengah dipakainya.

"Kalau ini mah Rp 1.000 dapat tiga," ucap anggota Komisi III DPR ini.

Hingga saat ini, Kompas.com masih mencoba mengonfirmasi kepada Setya soal sorotan jam tangan tersebut.

Pemerhati sekaligus pengusaha jam, Amos Lilik Wahyudi, sebelumnya melihat arloji yang dikenakan Setya saat bertemu Trump bermerek Richard Mille. Arloji mewah itu sempat terlihat ketika Setya dan Trump bersalaman. (Baca: Setya Novanto Pakai Arloji Miliaran Rupiah Saat Bertemu Donald Trump?)

"Arloji yang dipakai Setnov (Setya Novanto) itu Richard Mille dengan all gold casing. Richard Mille merupakan produsen arloji kelas atas dengan harga per unit di atas Rp 500 juta sampai miliaran rupiah," kata Amos kepada Kompas.com, Minggu (6/9/2015).

Amos menjelaskan, jika Setya mengenakan arloji Richard Mille bermesin Tourbillion, harga jam itu di atas Rp 1 miliar. Amos menduga, jika dilihat dari penampang dial-nya, arloji yang dipakai Setya menggunakan mesin Tourbillion. (Baca: Pemerhati Jam: Arloji Setya Novanto Lebih Mahal dari Arloji Obama-Pangeran William)

Jenderal (Purn) Moeldoko sewaktu menjabat Panglima TNI sempat disebut memakai jam tangan bermerek Richard Mille. Setelah menjadi perbincangan publik, Moeldoko mengaku bahwa jam tangan miliknya hanya barang tiruan alias palsu.

Ia mengaku membeli jam itu seharga Rp 5 juta. Di hadapan wartawan, Moeldoko sempat membanting jam berwarna hitam itu ke lantai. (Baca: Moeldoko Banting Jam Tangan Palsunya)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM