Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirikan Partai Idaman, Rhoma Ingin Tepis Islamofobia di Indonesia

Kompas.com - 11/07/2015, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama menyatakan bahwa partai tersebut didirikan untuk menepis anggapan negatif terhadap agama Islam di Indonesia.

Rhoma menyebutkan, salah satu alasannya mendirikan Partai Idaman adalah keinginan untuk memberikan kontribusi konkret bagi pembangunan bangsa. Mengenai nama partai yang memuat kata Islam, hal itu didasarkan pada kondisi di Tanah Air, tempat banyak pihak mengaitkan Islam dengan berbagai tindak kekerasan, seperti terorisme.

"Karena di Indonesia ini mengalami Islamofobia. Saya ingin mengeliminasi stigma negatif di Indonesia bahwa Islam bukan seperti ISIS-lah, apa-lah (yang menggunakan kekerasan)," kata Rhoma dalam wawancara dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (11/7/2015) malam.

Rhoma mengatakan, secara kontekstual, Islam memberikan keamanan dan kedamaian bagi umat. Pria yang namanya pernah masuk dalam bursa calon ketua umum Partai Bulan Bintang itu mengatakan, modalnya mendirikan partai bukanlah modal materi, melainkan modal sosial. Ia mengklaim, banyak pihak—termasuk ulama dan politisi—yang memberikan dukungan kepadanya untuk membentuk partai baru tersebut. (Baca: Rhoma Irama Deklarasikan Partai Idaman dengan Logo Cinta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com