RS Indonesia di Gaza Akan Rampung, Jokowi Pertimbangkan ke Palestina - Kompas.com

RS Indonesia di Gaza Akan Rampung, Jokowi Pertimbangkan ke Palestina

Sabrina Asril
Kompas.com - 17/06/2015, 16:54 WIB
TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADI Presiden Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan delegasi Mer-C di Istana Kepresidenan, Rabu (17/6/2015). Pertemuan itu mendiskusikan mengenai rencana grand opening RS Indonesia di Gaza, Palestina, dalam waktu dekat.  

Presiden Jokowi mempertimbangkan untuk hadir dalam pembukaan rumah sakit yang merupakan wujud solidaritas rakyat Indonesia kepada rakyat Palestina itu.

"Presiden akan melahat apakah dimungkinkan untuk menghadiri acara peresmian RS tersebut," ujar Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki, dalam siaran pers yang diterima, Rabu.

Teten mengungkapkan, Presiden menyatakan komitmen pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait serta perwakilan RI untuk memfasilitasi agar bantuan kepada rakyat Palestina bisa sampai ke tujuan. Presiden pun berpesan agar pihak Mer-C perlu bersabar menunggu izin Pemerintah Mesir untuk memasuki Palestina melalui Rafah, untuk menghindari ditolaknya rombongan yang dapat menjadi pemberitaan negatif.

"Presiden juga meminta pihak Mer-C berhati-hati agar bantuan dimaksud tidak terkesan diterima oleh salah satu yayasan, organisasi, atau embaga yang anggotanya berafiliasi dengan salah satu faksi tertentu di Palestina," ucap Teten.

RS Indonesia di Gaza berdiri di atas lahan seluas 16.261 meter persegi, dan saat ini berada dalam proses pengadaan alat kesehatan yang kesiapannya sudah mencapai 90 persen. Rencananya, RS Indonesia akan dikhususkan untuk pelayanan traumatology dan bedah bagi masyarakat Palestina.

Indonesia selama ini menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan itu dilakukan dari berbagai aspek mulai dari dukungan politik, moril, hingga dana yang dihimpun pemerintah dan juga rakyat Indonesia.

Upaya memperjuangkan Palestina ini diwujudkan dalam bentuk antara lain pendirian Konsulat Kehormatan di Ramallah dan pembangunan Indonesia Cardiac Centre di RS Al Syifa di Gaza.

PenulisSabrina Asril
EditorBayu Galih
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM