Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Jusuf Kalla: Tanpa Kemajuan Ekonomi, Media Tidak Berkembang

Kompas.com - 06/02/2015, 22:07 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, dunia usaha dan masyarakat merupakan kesatuan yang saling mendukung satu sama lain. Media, menurut Kalla, berkembang sejalan dengan perkembangan ekonomi masyarakat.

"Tanpa kemajuan ekonomi, media juga tidak berkembang karena siapa yang mau pasang iklan? Kembali kita disubsidi lagi kan seperti tahun 1960-an, 1970-an," kata Kalla, saat memberikan sambutan pada ASEAN Summit for State Owned Enterprises and Media (ASSOEM), Jumat (6/2/2015), di Batam, Kepulauan Riau. 

Hadir dalam acara ini Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers Pusat Dahlan Iskan. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional. ASSOEM digelar sebagai forum bagi perusahaan media se-Asia Tenggara baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta.

"Karena itu, asal jangan terjadi hancur-hancuran negeri kita karena kritikan dan sebagainya. Kita harapkan kita semua mempunyai kebersamaan," kata Kalla.

Ia juga menilai perlu adanya kerja sama antara sektor swasta dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola media. Kalla mengatakan, penggabunggan sektor swasta dengan BUMN merupakan salah satu jalan menuju kemajuan.

"Setelah terjadi periodisasi, tahun 70 an, banyak negara yang mulai berpikir tentang nasionalisasi, privatisasi. Tahun 70-an semua paham ekonomi mengatakan nasionalisasi privatisasi tetapi ternyata tidak gampang memajukan dengan peran negara yang kurang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com