Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bentrok dengan Mahasiswa di Makassar, Anggota Komisi III Desak Kapolri Minta Maaf

Kompas.com - 28/11/2014, 14:10 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi III DPR, Abu Bakar Al Habsyi, berkomentar terhadap bentrokan yang terjadi dalam unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak di Makassar. Dalam bentrokan antara polisi dan mahasiswa tersebut, seorang warga, Ary (17), diketahui tewas akibat luka pada bagian kepala.

Penyebab tewasnya Ary dalam bentrokan tersebut belum diketahui. Namun, dari informasi yang diperoleh, Ary saat ditemukan tewas dalam kondisi terluka, dan tergeletak di bagian samping kendaraan water cannon (meriam air) milik kepolisian.

Dugaan sejauh ini, Ary tewas akibat lemparan batu saat kepolisian membubarkan kerumunan mahasiswa dan warga yang berunjuk rasa. Namun, menurut dugaan lain, Ary tewas akibat tertabrak kendaraan milik kepolisian.

"Ini sudah beruntun. Kami harap Polri dapat menjaga institusinya sesuai prosedur dan ketetapan. Saya harap Kapolri minta maaf atau beri teguran keras kepada bawahannya, jika terbukti bersalah," ujar Abu Bakar saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Menurut Abu Bakar, kepolisian seharusnya lebih memperhatikan kepentingan umum dan keselamatan masyarakat dalam melakukan setiap langkah pengamanan. Ia mengatakan, kinerja kepolisian akan menjadi bahan pertimbangan Presiden untuk melakukan pergantian pimpinan Polri.

"Presiden akan ambil langkah, kecuali tetap mempertahankan pimpinan Polri. Pergantian bukan atas kejadian itu saja, melainkan juga kejadian di Riau. Polri harus merapikan institusi internalnya," kata Abu Bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com