Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Andong ke Keraton DIY, Jokowi Diarak Prajurit

Kompas.com - 02/06/2014, 12:31 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Calon presiden Joko Widodo disambut meriah warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (2/6/2014) siang. Dengan menaiki andong ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jokowi diarak oleh puluhan prajurit Keraton.

Pertama, Jokowi menyempatkan diri blusukan ke Pasar Beringharjo di Jalan Malioboro. Lalu, dengan menaiki andong, Jokowi bertolak ke kawasan Keraton untuk melaksanakan makan siang bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama sang calon wakil presiden Jusuf Kalla.

Di depan andong Jokowi, setidaknya ada 23 orang prajurit Ngeksi Gondo, yang terdiri dari campuran abdi dalem Keraton dan masyarakat setempat. Tugas prajurit berbeda, ada yang menabuh gendang dan meniup trompet, ada yang hanya membawa bendera Keraton.

Aksi Jokowi dengan kemeja motif kotak-kotak menaiki andong itu sangat menarik perhatian warga dari Jalan Malioboro hingga ke kawasan Keraton. Mereka berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama Jokowi.

Tepat pukul 11.57 WIB, Jokowi sampai ke area Keraton. Jokowi melaksanakan shalat dzuhur di mushala Keraton. Seusai shalat, Jokowi pun disambut oleh adik Sri Sultan, Gusti Prabu Kusumo, untuk bersama-sama melaksanakan makan siang di kawasan Keraton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com