Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiranto: Nasdem Luar Biasa, Mengalahkan "Saudara Tuanya"

Kompas.com - 27/05/2014, 12:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Wiranto mengapresiasi soliditas mesin Partai Nasional Demokrat karena mampu meraih hasil signifikan pada Pemilu Legislatif 2014.

Pujian Wiranto itu disampaikan saat dirinya memberikan pidato politik di depan forum Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem, di Ancol, Jakarta, Selasa (27/5/2014). "Nasdem luar biasa, mengalahkan 'saudara tuanya'," seloroh Wiranto disambut tawa peserta Rakernas.

Meski demikian, Wiranto menyatakan tak tertarik mencari "kambing hitam" atas hasil pemilu legislatif pada tahun ini. Menurut dia, besar atau kecilnya perolehan suara partai pada pemilu hanya sebuah dinamika politik yang umum terjadi. "Tapi, enggak apa-apa, itu dinamika sebuah pertandingan," ujarnya.

Seperti telah diberitakan, Partai Nasdem yang dipimpin Surya Paloh baru mengikuti pemilu pada 2014 ini. Adapun Hanura telah mengikuti Pemilu 2009, sebelum berlaga pada tahun ini.

Sesuai hasil penghitungan suara pemilu legislatif di Komisi Pemilihan Umum, Partai Nasdem meraup 8.402.812 suara atau setara 6,72 persen suara sah nasional dan Partai Hanura mendapat 6.579.498 suara atau 5,26 persen.

Wiranto hadir di Rakernas Partai Nasdem bersama para ketua umum partai pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 2014. Selain Partai Hanura, hadir juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai PKPI, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Mereka bergiliran berorasi dan akan bersama-sama mendeklarasikan dukungan untuk pemenangan Jokowi-JK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com