Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaimin Didorong Jadi Cawapres

Kompas.com - 13/04/2014, 12:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Masyarakat Desa untuk Muhaimin Iskandar (Masa MI) mendesak DPP PKB segera mendeklarasikan Muhaimin sebagai calon wakil presiden 2014-2019. Koordinator Nasional Masa MI, Yakin Simatupang, berpendapat, Muhaimin layak mendapat posisi itu karena memiliki kedekatan dengan masyarakat desa.

"Cak Imin tokoh yang lahir dari orang desa yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia. Selain itu, Cak Imin sedang mengemban amanah sebagai menteri tenaga kerja dan transmigrasi RI," kata Yakin saat jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (13/4/2014).

Menurutnya, sebagai menteri tenaga kerja, Muhaimin banyak mengurus orang miskin yang didominasi penduduk desa.  Muhaimin, menurut Yakin, merupakan tokoh yang dikenal plural dan dekat dengan semua golongan dengan latar belakang berbeda-beda.

Desakan itu muncul sejak hasil quick count (hitung cepat) menyatakan PKB memperoleh 9,4 persen suara dalam pemilu legislatif. "Liat quick count, PKB kayanya ga bisa nyapres, nah langsung kami desak (Muhaimin) jadi wakil presiden," kata Yakin.

Ia menuturkan, siapa pun yang menjadi capresnya, tidak masalah, asalkan  ada titik temu dengan Muhaimin.

Soal pencalonan Rhoma Irama dan Mahfud MD sebagai presiden dari PKB, Yakin menyebut hal itu sebagai strategi partai.  "Itu bukan urusan kami-lah. Soal strategi politik pemilu, itu urusan partai, bagaimana meraih suara. Itulah seni berpolitik," kata Yakin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com