Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Nasional

Komisi III-Kapolri Bahas Keamanan Akhir Tahun

Senin, 16 Desember 2013 | 10:40 WIB
KOMPAS/ALIF ICHWAN Tjatur Sapto Edy

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat akan menggelar rapat dengar pendapat dengan Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman. Agenda rapat adalah membahas isu-isu terkini, di antaranya situasi kemanan jelang hari raya Natal dan pergantian tahun 2013 nanti.

Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy mengatakan, rapat dengan Kapolri ini digelar untuk merumuskan persiapan menjaga situasi kemanan nasional pada akhir tahun. Ia mengatakan, akhir tahun rentan terjadi gangguan keamanan nasional dari kelompok separatis.

"Ini ada yang menarik biasanya di awal-awal Desember ada Bintang Kejora (terkait Organisasi Papua Merdeka)," kata Tjatur, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Ia melanjutkan, berdasarkan informasi yang diterima, di sejumlah daerah mulai mencuat adanya ancaman gangguan keamanan pada akhir tahun. Daerah tersebut di antaranya Surabaya dan Batam.

Selain membahas persiapan pengamanan hari raya Natal dan akhir tahun, politisi PAN itu mengungkapkan bahwa Komisi III DPR juga akan membahas mengenai anggaran, kebijakan penundaan penggunaan jilbab bagi polisi wanita, dan materi lainnya. Komisi III beranggapan, sebagai Kapolri baru, Jenderal (Pol) Sutarman sudah waktunya dimintai laporan mengenai langkah kerja selanjutnya. 

"Kapolri baru kan sudah keliling Indonesia, jadi harus dimintai laporannya," kata Tjatur.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Indra Akuntono
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary