Menhan: Penyadapan Itu Urusan Menteri Luar Negeri - Kompas.com

Menhan: Penyadapan Itu Urusan Menteri Luar Negeri

Rahmat Fiansyah
Kompas.com - 08/11/2013, 14:33 WIB
KOMPAS.COM/FIAN Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Kasal Laksamana Marsetio melakukan konferensi pers usai sidang KKIP di kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (6/11/2013). Turut hadir Menristek Gusti Muhammad Hatta dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa isu penyadapan merupakan urusan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Menurutnya, persoalan yang kini menjadi isu publik di media massa Indonesia dan Australia tersebut sedang dibahas oleh Marty dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.

"Posisi kami menunggu dari Menteri Luar Negeri. Apa kata Menteri Luar Negeri, kita ikut. Biar satu suara," katanya saat jumpa pers di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Seusai bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia David Johnston, Purnomo mendapatkan jawaban dari David bahwa persoalan penyadapan sedang dibahas pada level lebih tinggi di sela-sela Bali Democracy Forum yang kini sedang berlangsung. Isu penyadapan, kata Purnomo, secara lebih makro merupakan urusan Marty karena menyangkut hubungan diplomatik di antara kedua negara.

Seusai bertemu dengan David, Purnomo mengakui pihaknya belum tahu apakah Australia menyadap Indonesia atau tidak. Menurut Purnomo, belum ada teknologi yang mampu mengetahui Indonesia disadap atau tidak. Kendati demikian, Purnomo mengklaim bahwa Kementerian Pertahanan tidak bisa disadap karena menggunakan sistem pengamanan yang berlapis.

"Kalau benar disadap, kita akan keras (ke Australia). Masalahnya (penyadapan) sulit untuk dibuktikan," kilahnya.

Purnomo menuturkan, kunjungan David menjadi kunjungan resmi pertama menteri pertahanan Australia di bawah pemerintahan Perdana Menteri Tony Abbot. Ia pun berharap hubungan antara Indonesia dan Australia yang selama ini terjalin dengan baik akan terus meningkat di masa depan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRahmat Fiansyah
EditorCaroline Damanik
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X