Jumat, 25 Juli 2014

News / Nasional

Oh, Bunda Putri...

Minggu, 20 Oktober 2013 | 13:06 WIB
dok.@GAHMI_INDONESIA Foto Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan perempuan yang disebut-sebut sebagai Bunda Putri beredar di Twitter sejak 13 Oktober 2013.

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa sosok Bunda Putri masih menjadi misteri. Ada yang menyebutnya istri seorang Direktur Jenderal di Kementerian Pertanian. Ada pula yang menyebutnya sebagai seseorang yang bisa mengendalikan keputusan di ring satu. Namanya menjadi kian santer setelah disebut oleh sejumlah saksi dalam persidangan kasus dugaan suap impor daging sapi. Salah satunya oleh mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, yang menyebut Bunda Putri punya hubungan sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun, tak ada yang mau memberikan kepastian siapa sebenarnya sang Bunda dan bagaimana sepak terjangnya. Yang pasti, sejumlah fotonya dengan para pejabat beredar. Setidaknya, ada 10 foto yang telah beredar. Dalam foto itu, seorang wanita yang disebut sebagai Bunda Putri memiliki rambut pendek di atas bahu, berponi, dan memiliki tubuh yang terlihat kurus. Dia juga selalu mengenakan kacamata. 

Berikut daftar 10 foto Bunda Putri yang telah beredar di dunia maya:

dok.Twitter Foto Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan seorang perempuan yang disebut-sebut sebagai Bunda Putri beredar sejak Jumat (11/10/2013) malam di internet.
1. Bunda Putri dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam

Foto wanita yang disebut sebagai Bunda Putri pertama kali beredar dengan Sekretraris Kabinet Dipo Alam. Wanita itu mengenakan baju hitam, sedangkan  Dipo mengenakan baju safari berwarna abu-abu. Keduanya berpose sambil berdiri berdempetan dan tersenyum.

Dipo langsung mengklarifikasi foto yang beredar itu melalui akun Twitter-nya, @Dipo Alam Seskab. Dia membantah kenal dengan wanita dalam foto itu. Menurutnya, pejabat bisa foto bersama siapa pun. Dia juga mengaku tak tahu siapa Bunda Putri.

“Sebagai pejabat publik saya banyak berfoto dgn masyarakat, yg pasti saya tdk tau & kenal siapa Bunda Puteri, dan tdk berurusan dgn dia,” tulis Dipo pada akun Twitter-nya, Sabtu (12/10/2013)

2. Bunda Putri dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Foto Purnomo dengan wanita yang diduga Bunda Putri juga beredar. Wanita itu mengenakan setelan jas berwarna hitam dan berdiri di samping Purnomo. Saat dikonfirmasi oleh Kompas, Purnomo membenarkan wanita yang foto bersamanya adalah Bunda Putri. Namun Purnomo mengatakan, ia tidak mengenal khusus Bunda Putri.

Purnomo menjelaskan, foto itu diambil sekitar 8-10 tahun lalu ketika dirinya menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Mereka tak hanya foto berdua, tapi bersama dua orang lainnya yaitu pendiri Petronas, Tan Sri Azizan, dan seorang lainnya yang tak diingat oleh Purnomo.

Purnomo mengatakan, saat itu Bunda Putri diketahuinya adalah pihak dari Petronas. Namun, setelah acara  itu, Purnomo mengaku tak pernah lagi melihat Bunda Putri.

dok.Twitter Foto mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan perempuan yang disebut sebagai Bunda Putri. Foto ini beredar luas di internet, termasuk Twitter.
3. Bunda Putri dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso

Sutiyoso tampak akrab saat foto dengan wanita yang diduga Bunda Putri. Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini duduk santai di sofa mengenakan baju berkerah berwarna biru. Sedangkan, wanita itu berdiri di belakang sofa dengan membungkukkan badannya hingga mendekat ke Sutiyoso yang sedang duduk. Wanita berambut pendek itu terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam putih.

Mengenai foto ini, Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos itu mengaku tak ingat waktu dan lokasi foto diambil, serta tak kenal dengan Bunda Putri.

“Saya enggak ingat dan enggak kenal.  Saya nyari kausnya saja sudah enggak ada. Berarti sudah lama banget (foto diambil). Saya juga ikut penasaran siapa Bunda Putri itu,” tulis Sutiyoso melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Jumat (18/10/2013).

4. Bunda Putri dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin

Foto Hilmi dengan wanita yang sama terlihat sedang duduk di atas kursi putih.
Hilmi tampak tertawa dan Bunda Putri tersenyum. Dalam foto itu, Hilmi mengenakan peci putih dan pakaian hitam, sedangkan wanita itu mengenakan pakaian hitam dan syal pada lehernya. Telihat perhiasan Bunda Putri seperti anting, serta cincin dan gelang di tangan kiri dan kanannya.

Belum ada konfirmasi dari Hilmi terkait foto ini. Berdasarkan pengakuan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Hilmi adalah orang yang memperkenalkannya dengan Bunda Putri. Luthfi mengaku pertama kali bertemu Bunda Putri di rumah Hilmi. Bunda Putri juga diketahui kenal dengan putra Hilmi, yaitu Ridwan Hakim. Ridwan menyebut Bunda Putri sebagai mentor bisnisnya.

5. Bunda Putri dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng

Ada dua foto yang beredar antara Andi dan wanita yang diduga Bunda Putri. Pertama ketika Andi sedang bermain catur dan wanita itu berdiri di belakang melihat Andi. Kedua, foto Andi yang diapit istrinya dan wanita yang diduga Bunda Putri.

Foto itu terlihat diambil di sebuah rumah. Dalam foto, wanita berkacamata itu memiringkan kepalanya dan terlihat seperti menyandar di bahu Andi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang.

Adik Andi, yaitu Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel mengakui keluarga besarnya mengenal Bunda Putri. Namun, dia sendiri mengaku lupa dengan nama asli Bunda Putri. 

Sementara itu, seorang kerabat Bunda Putri yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Andi pernah datang ke rumah Bunda Putri di Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

6. Bunda Putri dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan

Giliran Gita yang fotonya beredar dengan wanita yang disebut Bunda Putri. Foto Gita agak berbeda dengan lainnya. Bunda Putri hanya terlihat dari samping sedang menyematkan sebuah pin di baju Gita. Gita mengenakan jaket berwarna biru tua, sedangkan wanita itu mengenakan pakaian putih dan selendang merah.

7. Bunda Putri dan Faisal Basri

Foto Bunda Putri juga terlihat berada dalam satu meja makan dengan seseorang yang disebut Faisal Basri. Foto itu memperlihatkan Bunda Putri sedang berbicara dengan orang lain, sementara Faisal yang mengenakan kemeja batik duduk di sebelahnya. Foto ini sebelumnya beredar di situs media online.

8. Bunda Putri dan mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Agum Gumelar

Wanita berambut pendek itu juga foto bersama dengan Agum Gumelar. Gumelar yang mengenakan kemeja biru itu terlihat memegang pundak Bunda Putri. Mereka foto bersama dua orang lainnya dan saling tersenyum. Kompas.com belum memperoleh konfirmasi dari Agum Gumelar terkait foto ini.

9. Bunda Putri dan Menteri Pertanian Suswono

Belakangan juga muncul foto Bunda Putri dan Suswono. Keduanya terlihat berada dalam sebuah acara resmi. Ada beberapa foto yang beredar. Di antaranya, ketika Suswono yang mengenakan kemeja batik duduk satu baris di paling depan dengan wanita itu. Mereka terlihat berada dalam sebuah acara yang dihadiri banyak orang. Foto lain menampilkan mereka berada dalam satu ruangan yang beralaskan karpet merah. Dalam ruangan itu hanya terlihat ada sebelas orang yang sedang duduk.

Ketika bersaksi di sidang kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi, Suswono mengaku kenal dengan Bunda Putri, tetapi tak tahu nama aslinya. Kader PKS ini mengatakan pernah ke rumah Bunda Putri di Pondok Indah hanya untuk menanyakan adik Wakil Presiden RI Boediono, Tuti Iswari. Foto yang disebut Bunda Putri dan wanita yang diduga adik Boediono itu juga beredar di dunia maya.

10. Bunda Putri dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis

Foto Cornelis yang beredar bersama Bunda Putri sama dengan Suswono. Dalam foto itu ternyata tampak wajah Cornelis yang sedang duduk. Dalam foto lainnya, Cornelis, Bunda Putri, dan Suswono terlihat sedang berjalan ke luar dari ruangan beralaskan karpet merah dan melewati sebuah pintu yang juga berwarna merah. Bunda Putri mengenakan pakaian berwarna hitam dan syal hijau. Dia juga menenteng tas berwarna hitam.

Siapa Sang Bunda?

Bunda Putri pertama kali muncul dalam rekaman percakapan telepon antara putra Hilmi, Ridwan Hakim, Luthfi, dan Bunda Putri yang diputar Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi pada akhir Agustus lalu di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Luthfi menyebutkan Bunda Putri dapat mengondisikan decision maker atau pengambil keputusan.

Menurut Luthfi, Bunda Putri bukan istri dari seorang pejabat di Kementerian Pertanian. Suaminya adalah orang asing dan sudah meninggal dunia. 

Dalam kesaksiannya di persidangan, Luthfi juga mengatakan Bunda Putri biasa menghubungkan antardewan pembina partai. Selain itu, menurut Luthfi, Bunda Putri dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena tahu rencana kebijakan reshuffle kabinet Indonesia Bersatu.

Kesaksian Luthfi ini sempat membuat Presiden geram dan menyatakan Luthfi bohong 1.000 persen.

Telah banyak beredar foto seseorang yang disebut Bunda Putri. Perbincangan tentangnya pun tak ada habisnya, seperti di media sosial Twitter. Namun, publik  hingga kini masih bertanya-tanya, siapa sebenarnya Bunda Putri?


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Dian Maharani
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary