Senin, 1 September 2014

News / Nasional

TNI Pamer Aksi Akrobatik Pesawat Tempur

Sabtu, 5 Oktober 2013 | 12:11 WIB
SURYA/SUGIHARTO Ilustrasi: atraksi akrobatik pesawat tempur TNI.

JAKARTA, KOMPAS.com —Atraksi dari Jupiter Aerobatik Team (JAT) menyedot perhatian ratusan tamu yang hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun Ke-68 Tentara Nasional Indonesia di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10/2013). Aksi tim dari TNI Angkatan Udara asal Yogyakarta ini sangat ekstrem dan mampu dijalankan dengan baik.

JAT menggunakan enam unit pesawat KT1-B yang diawaki para pelatih penerbang TNI Angkatan Udara. Atraksi berlangsung sekitar 30 menit. Atraksi yang cukup ekstrem ialah di mana dua pesawat Jupiter dengan warna merah putih, simbol semangat kebangsaan, melakukan manuver dari arah berlawanan dan hampir nyaris bertabrakan.

Atraksi berikutnya yang juga mengundang tepuk tangan adalah ketika dua pesawat Jupiter terbang rendah dan saling berjajar atas-bawah. Selain itu, seorang pelatih penerbang mendapat kehormatan melakukan atraksi manuver 90 derajat, dan pada saat di atas, tiba-tiba pesawat terlihat hilang kendali. Atraksi ini cukup membuat jantung berdebar, tetapi akhirnya sang pilot dengan lihai mampu kembali mengendalikan pesawatnya.

Atraksi JAT ditutup dengan aksi enam pesawat Jupiter yang terbang beriringan dengan formasi V. Mereka lalu berpencar ke enam arah yang berbeda.

Setelah atraksi pesawat-pesawat tempur, perayaan HUT TNI juga dimeriahkan dengan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari tiga kesatuan TNI. Dari TNI Angkatan Udara, alutsista yang dipamerkan ialah F-16, pesawat Hercules C-130, pesawat Boeing 737, dan Triple Gun TNI AU.

Alutsista udara dan darat terdiri dari 4 pesawat helly, 6 kendaraan tempur anoa, 6 panser V150, 12 Mer-57/Arh. Dari TNI Angkatan Laut, alustsista yang dipertontonkan ialah 6 kendaraan tempur PT 76, 6 unit kendaraan tempur BTR 50, dan 2 howitzer 122.


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Farid Assifa