Sabtu, 20 September 2014

News / Nasional

Susi, Tersangka Kasus Akil Caleg PDI-P dari Bandar Lampung

Jumat, 4 Oktober 2013 | 09:17 WIB
KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO Ketua KPK Abraham Samad (kanan) didampingi Juru Bicara KPK, Johan Budi dan petugas KPK saat menunjukkan barang bukti uang dalam dugaan suap yang melibatkan Ketua MK, Akil Mochtar di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — STA alias Susi Tur Andayani, yang menjadi salah satu tersangka kasus dugaan suap terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, ternyata juga terdaftar sebagai calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Bandar Lampung III. Ia mendapatkan nomor urut tujuh.

"Ya, dia tercatat sebagai caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) daerah pemilihan tiga Bumiwaras dan Panjang," kata Ketua KPUD Kota Bandar Lampung Fauzi Heri, Jumat (4/10/2013).

Fauzi mengatakan, dengan status tersangka Susi, Komisioner KPUD Bandar Lampung langsung menggelar rapat terkait pencoretan nama yang bersangkutan agar tidak tercetak dalam surat suara Pemilihan Legislatif 2014.

Susi Tur Andayani dikenal sebagai pengacara kondang di Lampung. Ia pernah memenangi sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2009 di Lampung yang memenangkan Sjachroedin ZP sebagai gubernur terpilih. Selain itu, Susi juga saat ini sebagai LO pasangan calon gubernur Lampung, Herman HN dan Zainuddin Hasan.

Sebelumnya diberitakan, KPK menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan suap terkait dua perkara sengketa pilkada yang tengah ditangani MK. Untuk dugaan suap sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, KPK menetapkan Akil dan tiga orang lainnya sebagai tersangka, yaitu anggota DPR Chairun Nisa, calon petahana Pilkada Gunung Mas, Hambit Bintih, dan pengusaha Cornelis Nalau.

Sementara itu, dalam kasus Pilkada Lebak, KPK juga menetapkan Akil sebagai tersangka. Selain Akil, KPK menjerat pengusaha Tubagus Chaery Wardana dan advokat Susi Tur Andayani. Chaery diketahui sebagai adik dari Ratu Atut yang juga suami dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Lampung, Eni Muslihah
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary