Jumat, 24 Oktober 2014

News / Nasional

Di Polewali Mandar, Orangtua Harus ke Kantor Polisi bila Anaknya Terazia SIM

Sabtu, 21 September 2013 | 07:29 WIB
KOMPAS.com/ Junaedis Ratusan siswa berburu sim gratis. Mereka mengikuti ujiaj tentang cara berlalulintas yang baik dan benar. Bagi tiga siswa yang memperoleh nilai terbaik akan mendapatkan sim secara gratis.
POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Ratusan siswa terjaring razia surat izin mengemudi (SIM) yang digelar petugas Lantas Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Kamis (19/9/2013). Para siswa yang kedapatan tak memiliki SIM ditahan di kantor polisi bersama kendaraan bermotornya, sampai orangtua mereka datang.

Sejumlah siswa yang terjaring razia mengaku tahu bahwa berkendaraan tanpa memiliki SIM adalah pelanggaran lalu lintas. Orangtua mereka juga mengaku tahu hal yang sama, tetapi tetap mengizinkan anak-anaknya berkendara di jalan raya tanpa SIM.

"Sudah tahu kalau dilarang berkendara tanpa SIM. Saya belum urus SIM karena belum cukup umur yang disyaratkan," ujar Fauzia, salah satu pelajar yang terjaring razia. Hal senada diakui Erwin dan Wandi, dua pelajar SMP yang juga terjaring razia lalu lintas ini. Para siswa baru diperbolehkan pulang membawa motor setelah dijemput sang orangtua yang bisa memperlihatkan kelengkapan surat kendaraan termasuk SIM.

Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Palupi Annisa Auliani