Sabtu, 20 September 2014

News / Nasional

Ini Pesan Kepala BIN untuk FPI

Jumat, 23 Agustus 2013 | 18:29 WIB
KOMPAS.com/Sandro Gatra Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo (kiri), Kepala BIN Marciano Norman (tengah), Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Marciano Norman meninggalkan pesan kepada Front Pembela Islam (FPI) jelang penyelenggaraan konvoi dalam rangka ulang tahun FPI pada hari Minggu (25/8/2013). Marciano berharap FPI mematuhi peraturan dari pihak kepolisian selama menggelar konvoi.

Selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, menurut Marciano, citra FPI pun dapat diperbaiki jika organisasi massa itu tidak melanggar aturan yang berlaku selama konvoi.

"Akan ada aturan-aturan yang harus ditaati. Saya harap mereka mematuhi aturan-aturan Polda Metro Jaya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, citra mereka semakin hari akan semakin baik," kata Marciano di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Sebelumnya, Kepala Kepolisian RI Jenderal (Pol) Timur Pradopo mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan rencana pelaksanaan konvoi ulang tahun Front Pembela Islam (FPI) pada hari Minggu mendatang. Timur meminta agar pelaksanaan kegiatan akbar itu tidak sampai mengganggu kepentingan masyarakat.

Kendati demikian, Timur mengaku optimistis bahwa kegiatan ini akan berjalan sesuai dengan harapan. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, menurut Timur, kepolisian telah menyiapkan pengamanan. Pihak kepolisian, lanjutnya, akan menurunkan personel keamanan yang jumlahnya disesuaikan dengan kegiatan tersebut.

Sebelumnya diperkirakan, ribuan orang akan turun ke jalan untuk meramaikan "Milad" FPI pada Minggu nanti. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan akan adanya konvoi ribuan anggota organisasi pimpinan Habib Rizieq Shihab itu.

Menurut Rikwanto, kegiatan ini akan diselenggarakan di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Acara akan berlangsung mulai pukul 04.45 pagi, diawali dengan shalat subuh berjemaah serta zikir dan munajat bersama. Selain itu, rombongan berencana konvoi atau pawai kendaraan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Rute pawai atau konvoi ulang tahun ini mulai dari Jalan Petamburan III - Jalan Ks Tubun - Slipi - Jalan Gatot Soebroto - Jalan MT Haryono - Jalan Otista - Jalan Matraman - Senen - Jalan Gunung Sahari - Mangga Besar - Hayam Wuruk - Harmoni - Duta Merlin - Rumah Sakit Tarakan - Tomang - S Parman - Slipi, dan kembali ke Petamburan III.

Penulis: Icha Rastika
Editor : Caroline Damanik