Rabu, 23 Juli 2014

News / Nasional

KPK Sudah Geledah Rumah Rudi Rubiandini

Rabu, 14 Agustus 2013 | 08:34 WIB
MetroTV Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini saat tiba di gedung KPK, Rabu (14/8/2013).
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi langsung menggeledah rumah Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Rubiandini yang tertangkap tangan pada Selasa (13/8/2013) sekitar pukul 22.30 WIB. Rudi tertangkap tangan di kediamannya di Jalan Brawijaya VIII Nomor 30, Jakarta.

"Geledah rumah RR (Rudi Rubiandini) juga dilakukan dini hari hingga jelang subuh," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Rabu (14/8/2013) pagi. Dari penggeledahan inilah didapatkan uang tunai lebih dari 400.000 dollar AS, sejumlah dokumen, dan juga penyitaan terhadap sebuah motor besar bermerek BMW.

"Ada 400.000 dollar AS diamankan, tapi ada jumlah lain yang sedang dihitung," kata Bambang. Sementara motor BMW tersebut belum diketahui pemiliknya. Selain Rudi, KPK juga menangkap dua orang lain dari pihak swasta, berinisial S dan E.

Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas mengungkapkan bahwa Rudi diduga menerima suap dari swasta. Namun belum diketahui untuk tujuan apa uang itu diberikan kepada Rudi.

Kini, Rudi yang juga mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta dosen Institut Teknologi Bandung itu tengah diperiksa instensif di Gedung KPK.

Ketiga orang yang ditangkap ini, menurut Juru Bicara KPK Johan Budi masih berstatus terperiksa. Penentuan status hukum Rudi akan dilakukan dalam 1x24 jam sejak penangkapan, apakah mereka akan menjadi tersangka korupsi atau tidak.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Icha Rastika
Editor : Palupi Annisa Auliani