Kamis, 18 September 2014

News / Nasional

15 September, Peserta Konvensi Demokrat Diumumkan

Rabu, 14 Agustus 2013 | 00:50 WIB
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Pengamat komunikasi politik, Effendi Gazali.
JAKARTA, KOMPAS.com — Komite Konvensi Partai Demokrat akan mengumumkan seluruh peserta konvensi pada 15 September 2013. Saat ini Komite tengah menggodok sejumlah nama untuk dinilai kepantasannya mengikuti konvensi.

"Di situ akan jelas nama-nama yang masuk (konvensi),” ujar Anggota Komite Konvensi Partai Demokrat, Effendi Ghazali, di sela-sela rapat tertutup di Wisma Kodel, Selasa (13/8/2013). Usulan nama dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah akan tercakup di dalamnya.

“Diperkirakan pada akhir Agustus ini Komite mendapat (usulan) nama-namanya (dari SBY),” ungkap pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) tersebut. Setelah diumumkan sebagai peserta konvensi, para kandidat calon presiden itu akan memulai tahapan menjaring suara, mulai dari debat kandidat di media massa hingga kampanye ke daerah-daerah.

Kandidat yang bakal diusung menjadi calon presiden dari Partai Demokrat akan ditentukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan tiga lembaga. Effendi menyatakan, Komite akan bekerja secara independen, termasuk dari arahan Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Effendi mengatakan, jaminan bisa disampaikan karena mayoritas anggota Komite berasal dari kalangan profesional. Beberapa di antara mereka bahkan tak mau menerima gaji sebagai anggota Komite.

Sementara itu, Majelis Tinggi Partai Demokrat mengaku sudah mendekati 11 nama yang dinilai potensial menjadi calon peserta konvensi. Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul membeberkan sembilan nama di antaranya.

Menurut Ruhut, hanya dua nama yang merupakan kader Partai Demokrat. Keduanya adalah Wakil Ketua Majelis Tinggi Marzuki Alie dan anggota Dewan Pembina Pramono Edhie Wibowo. Selebihnya adalah para tokoh yang pernah atau masih menjadi pemimpin lembaga negara atau dari kalangan pengusaha.

"Selain Marzuki Alie dan Pramono, ada Irman Gusman (Ketua DPD), Chairul Tanjung (pimpinan Trans Corp), Dahlan Iskan (Menteri BUMN), Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan), Mahfud MD (mantan Ketua MK), Djoko Santoso (mantan Panglima TNI), dan Endriartono Sutarto (mantan Panglima TNI)," sebut Ruhut saat dihubungi pada Senin (12/8/2013).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Sabrina Asril
Editor : Palupi Annisa Auliani