Minggu, 26 Oktober 2014

News / Nasional

Pemerintah: Peringatan HUT RI Sehemat Mungkin

Sabtu, 10 Agustus 2013 | 20:05 WIB
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Presiden Susilo Bambang Yudhoyono


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah menghimbau kementerian, lembaga negara, pemerintahan provinsi, kabupaten/kota, dan perwakilan di luar negeri untuk menyelenggarakan peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI secara meriah dan khidmat, namun dengan biaya sehemat mungkin.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dalam pedoman peringatan menyebutkan, penyelenggaraan acara tersebut juga perlu memperhatikan situasi dan kondisi setempat. Sudi menghimbau kepada penyelenggara untuk menjadikan momentum HUT RI sebagai sarana pendidikan dan hiburan rakyat.

Hiburan nantinya, kata Sudi, mengutamakan tradisi masing-masing daerah. "Acara hiburan juga diadakan di wilayah kecamatan hingga kelurahan dan desa-desa sehingga masyarakat menikmati dan berpartisipasi," kata Sudi dalam pedoman itu seperti dikutip di Situs Sekretariat Kabinet, Sabtu (10/8/2013).

Untuk menjaga ketertiban, keamanan, serta kelancaran acara, Sudi mengingatkan agar pihak penyelenggara berkoordinasi dengan aparat keamanan. Kepada seluruh rakyat, instansi pemerintah, maupun swasta diwajibkan mengibarkan Bendera Merah Putih pada 14-18 Agustus 2013.

Di tingkat pusat, rangkaian peringatan HUT RI, yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan Tanda Kehormatan RI di Istana Merdeka pada 13 Agustus. Presiden akan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara pada 15 Agustus.

Pada 16 Agustus, Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan dan RUU APBN beserta nota keuangan tahun 2014 beserta nota keuangannya di Sidang Bersama DPR dan DPD. Malam harinya, akan digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan digelar di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus dimulai pukul 10.00 WIB. Pada pukul 12.00 WIB, akan digelar ramah tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, pahlawan nasional, wredhatama, dan Angkatan 45 di Istana Negara.

Pada 17.00 WIB, digelar Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka. Acara akan diawali pertunjukan marching band dan kesenian. Pukul 20.00 WIB digelar resepsi kenegaraan di halaman tengah Istana Merdeka dan Istana Negara.

Acara terakhir, pada 18 Agustus malam digelar silatuhrahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Pasukan Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi, Orcherstra Gita Bahana Nusantara, Para Teladan Nasional di JI Expo Kemayoran.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Hindra Liauw