Paduan Suara Mahasiswa Unpad Raih 2 Trofi di Torrevieja Spanyol - Kompas.com

Paduan Suara Mahasiswa Unpad Raih 2 Trofi di Torrevieja Spanyol

Kontributor Bandung, Rio Kuswandi
Kompas.com - 30/07/2013, 08:02 WIB
http://indonesiaproud.wordpress.com Penampilan PSM Unpad dalam Montreux Choral Festival pada 2012.
BANDUNG, KOMPAS.com — Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Padjadjaran (Unpad) sukses meraih Juara 1 Kategori Polifonia “Costa Blanca – Alicante Provincial Council” pada kompetisi International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja di Provinsi Torrevieja, Spanyol. Kompetisi ini berlangsung pada 22 – 28 Juli 2013 lalu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Torrevieja, Luisa Pastor Lilo. Selain trofi juara, satu anggota PSM Unpad mendapat penghargaan khusus sebagai The Best Director “José Hódar Tallavera”. Penerima penghargaan khusus ini adalah Arvin Zeinullah.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Senin (29/7/2013), PSM Unpad tampil menyanyikan lagu berbahasa Spanyol. Sambutan meriah datang dari para penonton maupun para juri.

Seorang komposer, Jorge Lopez, memuji PSM Unpad karena memiliki ekspresi dan pembawaan lagu yang tepat saat menampilkan lagu karyanya, El Ausente. Seusai PSM Unpad menampilkan lagu lainnya, Los Camaguayonos, beberapa penonton bahkan sengaja menghampiri PSM Unpad dan menyampaikan “muy bien”, semacam ucapan kekaguman. 

Pada acara puncak, PSM Unpad mendapat kehormatan untuk tampil kembali dalam gala concert yang disiarkan melalui saluran TV Spanyol. Setelah pengumuman para pemenang kompetisi, acara puncak ditutup dengan dilantunkannya lagu wajib kompetisi El Ausente, dipimpin langsung oleh Arvin Zeinullah, sang the best conductor.

Kompetisi tersebut merupakan festival paduan suara tertua kedua di dunia dan diikuti para kelompok paduan suara terpilih dari berbagai benua. Setiap paduan suara terpilih akan tampil dalam dua kategori, yaitu Habbaneras dan Polifonia, dengan membawakan 5 buah lagu.

Di kategori Habaneras, peserta membawakan satu lagu wajib dan dua lagu berbahasa Spanyol. Sementara di kategori Polifonia, peserta menyanyikan dua lagu pilihan bebas. Dalam kategori Polifonia, PSM Unpad meraih nilai tertinggi lewat lagu Ma Rencong–Rencong dan Pok pok Alimpako.

Setelah berlaga dalam kompetisi ini, PSM Unpad melanjutkan perjalanannya dengan berpartisipasi dalam misi kebudayaan. Mereka akan tampil dalam konser di Andorra, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Spanyol.

Sebagai penutup program misi kebudayaan, PSM Unpad juga akan tampil memenuhi undangan Jean Wilkens di Festival XXI Choralies, di Vaison la Romainne, Perancis. Undangan tersebut diberikan atas prestasi PSM Unpad yang sebelumnya dinobatkan sebagai juara Grandprix 48th Montreux Choral Festival pada 2012.

PenulisKontributor Bandung, Rio Kuswandi
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM