Sabtu, 26 Juli 2014

News / Nasional

Ada 12 Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat

Senin, 29 Juli 2013 | 13:47 WIB
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Melani Leimena Suharli, anggota Fraksi Partai Golkar MPR Tetty Kadi Bawono, Direktur Eksekutif Indo Barometer Mohammad Qodari (kiri ke kanan) menjadi pembicara dalam diskusi Empat Pilar Negara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2013). Diskusi menakar kompetensi calon legisltaif dari kalangan selebritas.

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat akan segera mengundang calon-calon peserta konvensi calon presiden yang akan dimulai tak lama lagi. Dalam konvensi itu, akan ada 12 kandidat yang bertarung. Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat Meilani Leimena Suharli di Kompleks Parlemen, Senin (29/7/2013).

“Pak Syarief Hasan (Ketua Harian Partai Demokrat) yang nanti langsung menghubungkan kepada para peserta. Jadi peserta konvensi itu diundang, tidak semua bisa jadi peserta. Mungkin ada sekitar 12 orang yang diundang,” ujar Melanie.

Dia menjelaskan, di antara 12 orang itu terdapat kader internal Partai Demokrat dan calon dari luar Demokrat. Dari internal, lanjutnya, sudah ada nama seperti Marzuki Alie, Hayono Isman, dan Pramono Edhie Wibowo.

Sementara itu, dari eksternal muncul nama Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman.

“Saat ini, sudah ada komunikasi terhadap 12 nama itu. Nanti akan diumumkan oleh Pak Syarief nama pesertanya. Yang bersedia saja yang bisa menjadi peserta,” kata Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat ini.

Semua nama peserta konvensi, kata Melani, akan diumumkan bersamaan dengan nama-nama komite seleksi yang terpilih. Komite seleksi saat ini masih disusun. Namun, nama yang sudah dipastikan maju sebagai panitia seleksi yakni anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Suaidi Marasabessy.

Komite seleksi ini juga akan diisi oleh kalangan independen. Namun, Melani enggan menyebutkan siapa saja tokoh yang masuk menjadi panitia seleksi ini. Mereka yang menjadi calon panitia seleksi, diakui Melani, sudah sempat diundang Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara buka bersama pekan lalu.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan, akan ada 16 orang panitia seleksi.

“Soal nama-namanya nanti akan diumumkan tanggal 1 Agustus, karena sekarang belum pasti nanti malah berpolemik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menjabarkan tujuh pokok terkait konvensi seperti penyusunan komite seleksi yang terdiri dari unsur internal dan independen. Komite seleksi ini juga yang akan menentukan kriteria dan mengumumkan peserta konvensi pada Agustus 2013 ini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Sabrina Asril
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary