Kamis, 24 Juli 2014

News / Nasional

Komite Konvensi Demokrat: 4 Tokoh Independen, 3 dari Internal Partai

Selasa, 9 Juli 2013 | 10:57 WIB
Kompas.com/SABRINA ASRIL Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan

Berita terkait


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Ramadhan Pohan mengatakan konvensi calon presiden Partai Demokrat akan dikendalikan oleh tujuh anggota yang tergabung dalam Komite Konvensi Partai Demokrat. Komite akan diisi empat tokoh dari luar partai dan tiga lainnya berasal dari internal Partai Demokrat.

Pohan menjelaskan, tugas utama komite adalah menjaring kandidat yang dianggap layak mengikuti konvensi. Penjaringan dolakukan sesuai dengan tujuh aturan pokok yang telah ditetapkan.

"Komite yang akan bekerja menentukan kandidat yang dianggap layak," kata Pohan di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta.

Anggota Komisi I DPR ini menegaskan, anggota komite konvensi akan ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat. Ditargetkan, akhir Juli ini komite itu sudah terbentuk.

Minggu (7/7/2013) lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah mengumumkan tujuh aturan pokok konvensi. Konvensi dilaksanakan oleh Demokrat untuk menjaring calon presiden di 2014 nanti.

Dari tujuh aturan pokok dalam konvensi Partai Demokrat, di antaranya adalah konvensi digelar semi terbuka dengan penyelenggaranya adalah komite konvensi, peserta konvensi bisa berasal dari kader juga non kader Partai Demokrat, dua tahap konvensi berlangsung selama delapan bulan, mulai September 2013 sampai April 2014, serta peserta konvensi atau kandidat tidak dipungut biaya (baca: SBY Umumkan 7 Aturan Pokok Konvensi Demokrat)

Penulis: Indra Akuntono
Editor : Caroline Damanik