Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Snowden Tak Akan Cegah AS Tekan China soal Peretasan

Kompas.com - 19/06/2013, 08:04 WIB

KOMPAS.com — Pembocoran program pengintaian sangat rahasia Amerika baru-baru ini, untuk sementara waktu, mungkin menguntungkan China. Namun menurut para analis, hal ini tidak akan mengubah sikap Amerika untuk lebih menekan China guna menghentikan peretasan dunia maya terhadap target-target di Amerika.

Pembocoran informasi oleh mantan analis CIA, Edward Snowden, terjadi pada saat yang menguntungkan bagi China, yaitu hanya beberapa hari sebelum Presiden Amerika Barack Obama menjadi tuan rumah bagi mitranya dari China, Presiden Xi Jinping, dalam KTT, yang dalam hal ini peretasan dunia maya oleh China menjadi salah satu isu penting.

Dokumen-dokumen asli yang dibocorkan oleh Snowden itu hanya sedikit berkenaan dengan China dan merinci program-program pengintaian rahasia di dalam negeri oleh Badan Keamanan Nasional Amerika NSA, yang dalam hal ini pihak berwenang mengumpulkan dan memantau rekaman telepon dan penggunaan internet.

Akan tetapi, pembocoran berikutnya oleh Snowden—yang telah melarikan diri ke Hongkong agar tidak ditangkap—mengungkapkan bahwa NSA secara diam-diam telah memata-matai target-target di China selama bertahun-tahun. Tuduhan ini memicu kemarahan media yang dikontrol Pemerintah China.

Partai Komunis China yang menguasai surat kabar Global Times, Senin, menerbitkan sebuah editorial, menyerukan kepada Hongkong—sebuah wilayah semi-otonom yang berdaulat di China—supaya tidak mengekstradisi Snowden dan memujinya sebagai pahlawan yang menyingkap "pelanggaran hak-hak sipil" oleh Pemerintah Amerika Serikat.

The Global Times, yang kerap menyatakan sudut pandang resmi Pemerintah China, juga menyerukan kepada pejabat-pejabat China untuk bertemu langsung dengan Snowden guna memperoleh lebih banyak informasi inteljen yang dapat digunakan dalam perundingan-perundingan berikutnya dengan Amerika.

Komentar-komentar seperti itu mengisyaratkan bahwa China bisa menggunakan Snowden untuk menangkis tekanan diplomatik Amerika dalam meminta pertanggungjawaban China atas serangkaian upaya peretasan dunia maya tingkat tinggi yang berasal dari China.

Namun, belum ada bukti bahwa Snowden telah memberikan secara langsung informasi intelijen yang sensitif kepada pejabat-pejabat China. Dalam tanya jawab dengan surat kabar The Guardian hari Senin, Snowden menyangkal melakukan kontak apa pun dengan Pemerintah China.

Kepastian semacam itu hanya sedikit menenangkan para pejabat inteljen Amerika yang merasa khawatir karena Snowden telah berjanji untuk mengungkap lebih banyak informasi dalam beberapa hari mendatang.

Kebocoran itu mungkin telah mempermalukan Amerika dan semakin menyulitkan Presiden Obama untuk menyampaikan isu serangan dunia maya dalam perundingannya dengan Presiden Xi Jinping, seperti disampaikan Steven Lewis, seorang pakar tentang China di Universitas Rice, Houston. Meseki demikian, ia mengatakan bahwa Amerika Serikat mungkin akan mengungkit lagi isu ini di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com