Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Jokowi Presiden, Basuki Ingin Walkot Surabaya Jadi DKI-1

Kompas.com - 13/06/2013, 12:24 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membuka seminar kemitraan pemeringkatan tata kelola pemerintahan provinsi di seluruh Indonesia. Dari hasil pemeringkatan Indonesia Governance Index 2012 (IGI 2012) itu, Provinsi DKI Jakarta menempati posisi di bawah Jawa Timur.

Mendengar itu, Basuki mengaku kaget karena Jakarta dapat dikalahkan oleh Jawa Timur. Ahok, begitu sapaan akrab Basuki, mengatakan bahwa Jawa Timur memiliki seorang pemimpin yang bertekad menciptakan transparansi birokrasi, yaitu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"DKI kok bisa-bisanya kalah sama Jawa Timur? Kalau, misalnya, nanti Pak Jokowi menjadi presiden, saya mau suruh Wali Kota Surabaya Ibu Risma ke sini untuk menjadi gubernur DKI," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Peringkat dalam IGI 2012 diperoleh dari data pemerintahan tahun 2011. Dalam IGI 2012 ini, Jakarta menempati posisi ketiga dengan skor indeks 6,33. Posisi teratas dipegang oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nilai 6,8 dan Jawa Timur dengan nilai 6,42.

Menurut Basuki, seseorang jauh lebih andal apabila telah teruji di daerah masing-masing. Basuki pun tak segan-segan memuji Risma sebagai seorang pekerja keras dan gemar turun ke lapangan, seperti kerap dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Mantan Wali Kota Solo (Jokowi) saja bagus, apalagi Wali Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya ini sudah terbukti pelayanan publiknya bagus. Terus dia juga suka blusukan seperti Pak Jokowi," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Dalam acara tersebut, Basuki menjelaskan bahwa kelak Jakarta akan menerapkan sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di setiap kelurahan. Hal itu menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan kantor kelurahan seperti layaknya kantor biro jasa multifungsi. Basuki menginginkan sebuah birokrasi yang memudahkan masyarakat untuk mengurus segala macam fasilitas unggulan, seperti Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com