Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Suriah Berhasil Rebut Perbatasan Quneitra

Kompas.com - 07/06/2013, 12:42 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Setelah berhasil merebut kota Qusayr, pasukan Suriah berhasil merebut pintu perbatasan di dataran tinggi Golan yang memisahkan Israel dan Suriah.

Ini merupakan kegagalan beruntun bagi pemberontak setelah sehari sebelumnya mereka dipaksa mundur dan meninggalkan kota Qusayr.

Pemberontak sempat menguasai pintu perbatasan Quneitra yang sangat strategis dan penting karena merupakan titik terdekat dengan Israel, sebelum dipukul mundur pasukan pemerintah.

Pertempuran memperebutkan perbatasan Quneitra terjadi di dekat markas pasukan penjaga perdamaian PBB. Akibat pertempuran itu, dua pasukan penjaga keamanan dari India dan Filipina menderita luka ringan.

Akibat lain dari pertempuran di perbatasan kedua negara itu, Austria memutuskan untuk menarik mundur pasukannya yang bertugas di dataran tinggi Golan.

Austria sudah menjadi bagian pasukan perdamaian di Golan, UNDOF, sejak 1974 dan saat ini menjadi kontingen dengan jumlah pasukan terbesar yaitu 380 personel.

Kini PBB tengah menggelar pertemuan darurat untuk mencari pengganti pasukan Austria yang paling lama akan ditarik mundur dalam waktu empat pekan.

Jumlah personel pasukan perdamaian PBB di Golan terus menyusut hingga angka 900 personel. Pada Maret lalu, Kroasia menarik pasukannya mengikuti jejak Kanada dan Jepang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com