Senin, 24 November 2014

News / Nasional

PDI-P Belum Tentukan Capres untuk 2014

Kamis, 6 Juni 2013 | 21:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sangat ambisius memenangi pemilu presiden pada 2014. Kaderisasi terus digenjot sekaligus menjaring sosok yang paling layak diusung menjadi calon presiden.

Politisi PDI-P, Maruarar Sirait, mengatakan, ada syarat mutlak yang harus dimiliki setiap calon presiden dari partainya, yakni berintegritas untuk mampu menyelesaikan tiga permasalahan bangsa.

Permasalahan pertama terkait dengan ekonomi. Anggota Komisi XI DPR ini menilai masalah ekonomi tidak sebatas menjaga pertumbuhannya, tetapi juga berkeadilan dan merata. Permasalahan kedua menyangkut soal hukum.

PDI-P, kata Maruarar, menginginkan calon presiden yang mampu membangun hukum adil ke bawah dan runcing ke atas. "Ketiga soal pluralisme karena saat ini begitu banyak masalah kebinekaan," kata Maruarar, di Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2013).

Menurut dia, pilpres mendatang harus dapat melahirkan sosok presiden yang mampu menyelesaikan itu. Sebab, jika tidak, kerugiannya menjadi berlipat, dari sisi waktu, energi, dan biaya. "Sikap PDI-P sampai hari ini belum menentukan dan membicarakan. Saat ini kami ingin lakukan kaderisasi dan fokus memenangi pilkada," ujar Maruarar.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Bambang Priyo Jatmiko