Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantikan Pengumuman Hasil SNMPTN 2013 di "Kompas.com"

Kompas.com - 27/05/2013, 12:36 WIB

KOMPAS.com — Selain melihatnya melalui situs resmi panitia, para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memiliki kesempatan untuk mengakses pengumuman SNMPTN melalui Kompas.com. Pengumuman bisa dilihat dengan mengklik halaman Info SNMPTN 2013.

Rencananya, panitia akan mengumumkan hasil SNMPTN 2013 pada hari ini, Senin (27/5/2013) mulai pukul 16.00. Jadwal ini dimajukan dari jadwal sebelumnya, yaitu besok, Selasa (28/5/2013). Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, pengumuman kelulusan dimajukan karena alasan administratif publikasi.

Selain pengumuman, pada halaman ini, pembaca juga dapat menemukan informasi-informasi khusus terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik melalui jalur undangan, jalur tertulis, maupun yang disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Pada tahun ini, mayoritas kursi perguruan tinggi negeri diisi melalui jalur SNMPTN, yaitu seleksi masuk berdasarkan nilai rapor siswa SMA dari semester satu hingga semester lima. Selain itu, nilai ujian nasional juga menjadi syarat SNMPTN. Kelulusan SNMPTN akan batal jika peserta tersebut gagal lulus UN.

Ada sekitar 762.690 siswa kelas XII dari 1,7 juta yang tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang mendaftar untuk mengikuti SNMPTN 2013. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 PTN.

Sementara itu, panitia SNMPTN menetapkan persentase minimum penerimaan mahasiswa baru ke PTN melalui tiga jalur, yaitu 50 persen melalui jalur SNMPTN, 30 persen melalui seleksi bersama PTN, dan 20 persen melalui seleksi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com