Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga: Luthfi Hasan Sering Menyambangi Rumah DM

Kompas.com - 22/05/2013, 12:32 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini, belum diketahui apa hubungan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq, dengan seorang remaja berstatus pelajar, DM. Nama DM masuk dalam daftar saksi kasus dugaan suap dan pencucian uang kuota impor daging dengan tersangka Luthfi Hasan Ishaaq. Ia telah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut kesaksian warga, Yuni, Luthfi kerap mendatangi rumah kontrakan yang ditempati DM dan kedua orangtuanya di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Yuni, yang juga Sekretaris RT setempat, mengungkapkan, beberapa hari setelah DM dan keluarganya pindah ke rumah kontrakan saat ini, Luthfi sempat datang dengan menaiki mobil mewah didampingi dua pria yang diduga ajudannya. 

Awalnya, kata Yuni, tak ada yang mengetahui bahwa pria itu adalah Luthfi, yang saat itu masih menjabat Presiden PKS. DM dan keluarganya menempati rumah itu sejak delapan bulan lalu. Salah seorang warga kemudian menyapanya.

"Pas turun dari mobil, ada warga yang negor, ini bos PKS kan ya, yang sering muncul di TV," ujar Yuni menirukan sapaan warga, Rabu (22/5/2013), saat dijumpai Kompas.com. 

Yuni mengatakan, merespons sapaan warga, Luthfi menyambutnya dengan senyum. Tanpa mengeluarkan satu patah kata pun, Luthfi langsung masuk ke kediaman DM.

Ia mengungkapkan, tak hanya saat itu Luthfi datang ke kediaman DM. Namun, Yuni dan tetangga mengaku tak mengetahui ada hubungan apa antara Luthfi dan keluarga DM.

"Uminya (ibu DM) sih pernah ngomong, katanya pria itu orang kedutaan. Tapi, enggak bilang lagi itu siapanya DM. Kita juga enggak enak hati lagi mau tanya lebih lanjut ke Umi," lanjut Yuni.

Kini, DM dan keluarganya telah meninggalkan rumah kontrakan itu sejak dua bulan lalu. Tak ada tetangga yang mengetahui tinggal di mana DM dan keluarganya. Meski demikian, sesekali ibu DM sempat datang ke rumah untuk memberikan makan belasan kucing peliharaannya.

DM adalah seorang pelajar SMK di Jakarta Timur yang pernah dipanggil KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang Luthfi. Ia diduga punya hubungan dengan Luthfi. Catatan Kompas.com menyebut, DM kali pertama dipanggil KPK pada 12 April 2013. Saat itu, DM dipanggil sebagai saksi bersama dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine, karena dianggap tahu aliran aset Luthfi. Karena tak hadir, KPK menjadwalkan kembali pemanggilan DM pada 17 Mei 2013. Namun, DM kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Hingga saat ini, belum diketahui persis sejauh mana hubungan DM dengan Luthfi. Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi hanya mengatakan, status DM di surat panggilannya adalah seorang pelajar SMK. Johan juga mengaku belum mendapat informasi apakah ada aset Luthfi yang diatasnamakan DM atau aliran dana Luthfi kepada pelajar SMK itu.

Baca juga:
Dari Kontrakan Rp 600.000, DM Pindah ke Rumah Rp 6 Jutaan Per Bulan
Rumah DM Sudah Kosong Lebih dari Dua Bulan
Satpam: Pak Luthfi Panggil DM 'Mamah'
KPK Bisa Panggil Paksa DM
Ibu DM Bantah Anaknya Punya Hubungan Khusus dengan Luthfi Hasan

Ditanya soal DM, Luthfi Hanya Melirik
Terkait Kasus Luthfi Hasan, Siswi SMK Ini Belum Penuhi Panggilan KPK

Ikuti berita terkait dalam topik:
Skandal Suap Impor Daging Sapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com