Selasa, 21 Oktober 2014

News / Nasional

Ditanya soal DM, Luthfi Hanya Melirik

Selasa, 21 Mei 2013 | 21:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq enggan berkomentar saat ditanya soal DM, pelajar yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi dalam kasusnya. Luthfi yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang rekomendasi kuota impor daging sapi itu hanya melirik ke arah wartawan saat nama DM dilontarkan, Selasa (21/5/2013).

Luthfi keluar Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 20.50 seusai pemeriksaan. Seperti biasa, mantan orang nomor satu di PKS ini hanya tersenyum sambil mengangkat kedua tangannya ketika diberondong pertanyaan wartawan. Luthfi pun masuk ke dalam mobil tahanan yang siap membawanya kembali ke Rumah Tahanan Guntur, Jakarta Selatan.

Ketika Luthfi sudah duduk di mobil tahanan, seorang wartawan dengan suara lantang kembali bertanya soal DM. "Ustaz, DM itu siapa?" kata salah satu wartawan. Pertanyaan nyaring wartawan ini pun seolah mengejutkan Luthfi. Dia sempat melirik ke arah sang wartawan.  Dia kembali mengangkat tangan seolah berkata "cukup" ketika kembali diberondong pertanyaan wartawan-wartawan lain.

KPK dua kali memanggil DM untuk diperiksa sebagai saksi Luthfi. Namun, DM belum pernah memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Pada panggilan pertama, DM tidak datang karena surat panggilan pemeriksaan KPK tidak sampai kepadanya. Kemudian pada pemanggilan kedua, DM tidak hadir tanpa keterangan alias mangkir.

Berdasarkan catatan Kompas.com, DM pertama kali dipanggil KPK pada 12 April 2013. Saat itu DM dipanggil sebagai saksi bersamaan dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine. Mereka diperiksa sebagai saksi yang dianggap tahu seputar aliran aset Luthfi.

Karena tidak hadir, KPK pun menjadwalkan kembali pemanggilan DM pada 17 Mei 2013. Namun, pelajar di salah satu sekolah menengah kejuruan itu kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Belum diketahui persis sejauh mana hubungan DM dengan Luthfi.

Berdasarkan penelusuran di KPK, DM diduga memiliki hubungan dekat dengan Luthfi. Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan kalau status DM di surat panggilannya adalah seorang pelajar.

"Saya tidak tahu hubungan antara DM dan LHI (Luthfi), penyidik yang tahu, dalam surat panggilan ditulis sebagai pelajar," ujarnya.

Johan juga mengaku belum mendapatkan informasi apakah ada aset Luthfi yang diatasnamakan DM atau aliran dana Luthfi kepada pelajar SMK itu.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Heru Margianto