Selasa, 2 September 2014

News / Nasional

Moeldoko Calon Panglima TNI?

Selasa, 21 Mei 2013 | 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana Agus Suhartono akan pensiun pada Agustus 2013. Siapa yang akan mengisi pucuk pimpinan TNI selanjutnya?

Agus mengatakan, publik sebenarnya sudah bisa mengira siapa yang akan mengantikannya nanti. Sesuai Pasal 13 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, kata dia, jabatan panglima dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

"Gilirannya (Panglima TNI) kalau tidak Angkatan Udara, yah Angkatan Darat. Sangat mungkin kembali ke Angkatan Darat," kata Agus di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Seperti diketahui, Panglima TNI sebelumnya dijabat Djoko Santoso yang berasal dari TNI AD. Sebelum Djoko, Panglima dipegang Djoko Suyanto yang berasal dari TNI AU.

Saat ini, Kepala Staf TNI AU dijabat Marsekal Ida Bagus Putu Dunia. Adapun Kepala Staf TNI AD akan dijabat Letnan Jenderal Moeldoko. Ia akan dilantik Presiden pada Rabu (22/5/2013) untuk menggantikan Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo yang akan masuk masa pensiun.

Jadi, Panglima TNI selanjutnya Moeldoko? Agus mengatakan, tidak ada yang bisa memastikan selain Presiden. "Sangat tergantung Bapak Presiden. Calonnya nanti juga harus diajukan kepada DPR karena jabatan Panglima TNI atas persetujuan DPR," pungkas Agus.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Hindra