Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Janji Investigasi Sampai Temukan Penyebab Terowongan Runtuh

Kompas.com - 18/05/2013, 23:42 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia berjanji melakukan investigasi atas runtuhnya terowongan bawah tanah Big Gossan Mil 74, Distrik Tembagapura. Dalam janjinya, mereka mengatakan investigasi akan dilakukan sampai benar-benar menemukan penyebab runtuhnya terowongan, yang kemudian menimpa fasilitas pelatihan dengan 39 orang berada di dalamnya.

"Keselamatan merupakan prioritas utama kami dan para pekerja adalah aset terpenting bagi kami," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto, dalam siaran pers, Sabtu (18/5/2013). Dia mengatakan investigasi melibatkan tenaga ahli internasional serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Rozik pun berjanji mengupayakan segala cara untuk mencegah insiden serupa terulang di masa depan. Hingga Sabtu, belum ada perkembangan dari proses evakuasi tim penyelamat. Dari 39 orang di fasilitas pelatihan ketika terowongan runtuh, 1 orang dipastikan sempat meloloskan diri. Sementara dari pekerja yang terjebak reruntuhan, 15 telah dievakuasi dengan 5 di antaranya tewas.

Keluarga 23 pekerja yang belum ditemukan kini sudah berada di perumahan PT Freeport Indonesia. Sementara dari 10 korban selamat, lima di antaranya dirujuk ke Jakarta untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Rozik menyebut kelimanya dalam kondisi stabil dan makin membaik. Sedangkan dari 5 orang yang tetap dirawat di Rumah Sakit SOS Tembagapura, tiga di antaranya akan segera meninggalkan rumah sakit. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com