Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Pekerja Tambang Freeport Masih Terjebak

Kompas.com - 18/05/2013, 11:58 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Ternyata jumlah pekerja tambang yang terjebak longsor di area fasilitas pelatihan PT Freeport Indonesia (PTFI) bukan 39 orang. Saat ini, sebanyak 23 orang masih terperangkap longsor di area fasilitas pelatihan Big Gossan.

Daisy Primayanti, Vice President Corporate Communications PTFI, menjelaskan, kesimpangsiuran terjadi karena kesalahan penghitungan jumlah pekerja yang terperangkap.

"Tim penyelamat pada awalnya menganggap terdapat 39 pekerja yang terperangkap di dalam reruntuhan. Namun kemudian, terungkap bahwa salah satu di antara pekerja tersebut berhasil meloloskan diri tanpa terluka," urai Daisy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/5/2013).

Dia menjelaskan, para karyawan yang diduga tertimbun reruntuhan pada kejadian 15 Mei 2013 adalah 38 orang. Sebanyak 10 orang dinyatakan selamat, korban yang meninggal sebanyak 5 orang, dan yang masih belum diketahui kondisinya sebanyak 23 orang.

Saat ini, 10 pekerja yang selamat sudah dalam kondisi stabil. Sementara sebagian besar keluarga dari 23 pekerja yang masih terperangkap dalam reruntuhan ditempatkan dalam areal perumahan di Tembagapura.

Daisy menuturkan, para anggota tim penyelamat PTFI juga telah berhasil membuka dua akses masuk menuju lokasi insiden. Dua akses itu akan digunakan untuk akses masuk alat berat agar proses penyelamatan dan pemulihan dapat dipercepat.

"Tim penyelamat, yang terdiri dari 60 ahli penyelamat yang paling berpengalaman dalam hal kegiatan bawah tanah, saat ini sedang menjalankan operasi penyelamatan dan pemulihan dengan terus memperhatikan aspek keamanan," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com