Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Waduk Pluit Akan Laporkan Basuki ke Komnas Perempuan

Kompas.com - 18/05/2013, 11:16 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Waduk Pluit mengecam pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mengatakan banyak warga Muara Baru yang menjual diri. Mereka mengancam akan melaporkan Basuki ke Komnas Perempuan.

"Itu pelecehan buat kami. Kami akan laporkan Ahok ke Komnas Perempuan," kata salah seorang warga, Rostina, saat dijumpai, Sabtu (18/5/2013).

Rostina mengatakan, pernyataan Basuki tak pantas dan menimbulkan stigma buruk kepada warga Muara Baru. Pernyataan itu, katanya, merupakan pelecehan. Sebagai pejabat, Rostina menungkapkan, Basuki harus lebih berhati-hati dalam berbicara.

"Itu pelecehan buat perempuan, menyakiti perasaan. Sembarangan bilang warga jablay. Sebagai pejabat, harusnya hati-hati kalau ngomong. Ahok suka panik, baru begini aja dia udah panik," ujar Rostina.

Sebelumnya, Basuki meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia melindungi remaja berusia 16 tahun di kawasan Muara Baru yang menjual diri. Menurutnya, hal itu lebih penting dibandingkan membela pengusaha yang menolak pindah dari bantaran Waduk Pluit.

Basuki mengungkapkan, jika permukiman kumuh terus dibiarkan, remaja yang menjual diri akan terus bertambah karena tidak terkontrol. Mereka tidak bisa sekolah dan memilih untuk menjual diri. Ia juga mengaku memiliki bukti bahwa ada remaja asal Muara Baru yang menjual diri dan tertangkap oleh Dinas Sosial di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ikuti berita terkait dalam topik:
Problem Rumit Waduk Pluit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com