Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Papua Selidiki Rekening Triliunan Aiptu LS

Kompas.com - 15/05/2013, 09:59 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Papua tengah menindaklanjuti adanya transaksi keuangan mencurigakan senilai Rp 900 miliar pada rekening anggota Polres Sorong, Papua, Aiptu Labora Sitorus. Bahkan dalam waktu lima tahun, transaksi keuangan Labora disebut mencapai Rp 1,5 triliun. Polda Papua melakukan investigasi untuk mengetahui asal-usul aliran dana tersebut.

"Kita melakukan investigasi dari analisis bahan yang kita terima. Kita mengedepankan asas praduga tak bersalah, apakah uang yang ada di dalam rekening hasil kejahatan atau usaha yang bersangkutan," ujar Direktur Kriminal Khusus Polda Papua Komisaris Besar Setyo Budiyanto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/5/2013).

Aiptu Labora diduga terlibat kasus penyelundupan kayu dan bahan bakar minyak di Papua. Ia juga disebut-sebut memiliki bisnis karaoke. Namun, Setyo mengaku masih melakukan investigasi terhadap informasi tersebut. Penyidik tengah mengumpulkan alat bukti.

“Kita investigasi, sedang kumpulkan alat buktinya,” katanya.

Sementara mengenai jumlah uang transaksi mencurigakan tersebut, Setyo enggan menjelaskan lebih detail. Menurut dia, informasi rekening Aiptu Labora dimiliki Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Setyo mengatakan, Polda Papua juga bekerja sama dengan Badan Reserse Kriminal Polri untuk menyelidiki kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com