Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riuhnya Bursa Pelatih Klub Sepak Bola Mancanegara

Kompas.com - 15/05/2013, 03:18 WIB

Pada 13 Mei 2012, pelatih Roberto Mancini mengantarkan Manchester City meraih titel Liga Inggris, pertama kali sejak 44 tahun lalu. Tepat setahun kemudian, 13 Mei 2013, Mancini didepak dari klub. Sebuah perayaan ultah kemenangan yang pahit bagi Mancini. Apa boleh buat. Mancini dinilai gagal, puncaknya ketika City dikalahkan Wigan 0-1 di final Piala FA.

Begitulah jagat sepak bola dunia yang penuh tekanan. Pelatih dinilai tidak kompeten? Sebaiknya selesai musim ini sesuai dengan kontrak. Bahkan, kerap terjadi sebelum kontrak usai, pelatih dicopot. Jarang ada pelatih yang dipercaya memimpin klub begitu lama, seperti Alex Ferguson di Manchester United dan Arsene Wenger di Arsenal.

Kasus Mancini menjadi yang terpanas pekan ini. Seusai final Piala FA di Stadion Wembley, London, Mancini dengan berang berujar kepada wartawan soal rumor pemberhentian dirinya. Katanya, jika ia masih dipercaya memimpin tim ”Biru Langit”, berarti semua pemberitaan itu kebodohan. Namun, jika ia benar diusir, berarti ia sendiri yang bodoh karena tidak paham membaca suasana.

Pengumuman itu tiba juga, Senin (13/5) malam pukul 22.22 waktu setempat. Lewat laman resminya, City melayangkan pernyataan tertulis.

Demikian hebohnya bursa pencarian manajer atau pelatih ini seiring dengan nyaris berakhirnya liga-liga di Eropa. Kasak-kusuk transfer pemain dan pelatih pun berembus makin kencang. Pensiunnya Ferguson, sang pelatih hebat MU, memicu pergeseran manajer di klub-klub lain.

Kursi pelatih MU otomatis kosong hingga pelatih Everton David Moyes mendudukinya. Lantas siapa yang menggantikan Moyes? Akan ada lagi kursi kosong yang harus diisi. Pelatih Real Madrid Jose Mourinho santer diberitakan akan pindah ke Chelsea pasca-purnatugasnya Rafael Benitez sebagai manajer interim. Lantas, siapa ke Real Madrid?

Ada rumor yang menyebutkan bahwa pelatih Borussia Dortmund Juergen Klopp dan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Carlo Ancelotti akan direkrut ”El Real.” Namun, pinangan Real terhadap Ancelotti dikabarkan ditolak PSG. Demikian pula dengan Dortmund, yang masih ”nyaman” dengan Klopp, yang sukses membawa tim asuhannya ke final Liga Champions.(REUTERS/AP/AFP/ESPN/IVV)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com