Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Terduga Teroris Ditangkap di Lampung

Kompas.com - 10/05/2013, 13:19 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Empat tersangka perampok Bank BRI Gadingrejo, Pringsewu, yang diduga terkait jaringan terosisme ditangkap di tiga lokasi berbeda di Lampung.

Kepala Polda Lampung Brigadir Jendral (Pol) Heru Winarko, didampingi Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Sulistyaningsih, Jumat (10/5/2013), di Bandar Lampung, mengatakan, empat orang itu ditangkap pada Kamis (9/5/2013) malam dan Jumat pagi. Dua orang diantaranya ditangkap di kawasan Yos Sudarso, Teluk Betung, Bandar Lampung, Kamis malam.

"Tadi pagi, satu lagi ditangkap di Sukaharjo, Pringsewu. Kemudian, Pukul 09.00 WIB, seorang lagi ditangkap di Lampung Selatan," ujar Heru.

Ia mengatakan, mereka ditangkap oleh tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri dengan dibantu anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung.

Saat ditanya identitas dan asal para pelaku, Heru mengatakan, "Sebagian besar adalah pendatang. Mereka mobile," ujarnya.

Sulistyaningsih menambahkan, penangkapan empat orang itu merupakan hasil penangkapan Su, terduga teroris yang ditangkap dalam penggerebekan di Kebumen, Jawa Tengah.

Su dan empat yang ditangkap di Lampung diduga merupakan perampok Bank BRI Pringwesu pada 22 April 2013 lalu. Uang Rp 466 juta raib dibawa perampok ketika itu. Dana rampokan ini diduga untuk membiayai kegiatan teror mereka di Poso.

Namun, pihak Polda Lampung tidak menyebutkan identitas dan inisial pelaku. "Itu ada di Mabes Polri," ujar Sulistyaningsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com