Rabu, 1 Oktober 2014

News / Nasional

Ayu Azhari Terima Uang Muka Puluhan Juta dari Fathanah

Jumat, 3 Mei 2013 | 20:09 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Ayu Azhari menerima uang Rp 20 juta dan 1.800 dollar AS dari Ahmad Fathanah, orang dekat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq, yang menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang.

"Uang itu adalah pemberian Fathanah," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Menurut Johan, uang tersebut diberikan Fathanah kepada Ayu sebagai uang muka. Ayu diminta Fathanah untuk manggung dalam acara terkait Partai Keadilan Sejahtera. Namun, kata Johan, Ayu belum sempat manggung dalam acara yang dijanjikan Fathanah tersebut.

"Jadi ini istilahnya itu, dia mau manggung di suatu tempat pertunjukan, tapi ditunggu-tunggu enggak jadi. Jadi dia sudah dikasih uangnya duluan," ujar Johan.

Saat ditanya apakah uang itu diberikan Fathanah kepada Ayu melalui transfer rekening, Johan mengaku belum mengetahui informasi itu dari penyidik. Johan juga mengatakan, KPK menelusuri kemungkinan adanya aliran dana Fathanah yang mengalir ke pihak lain.

Ihwal aliran dana Fathanah inilah yang menjadi alasan KPK memeriksa Ayu pada Rabu (1/5/2013). Saat itu Ayu diperiksa sebagai saksi untuk Fathanah. Seusai diperiksa, Ayu membantah ada aliran dana kepadanya. Ayu juga merasa telah menjadi korban janji Fathanah. Dia mengaku dijanjikan pekerjaan namun hingga kini janji itu belum terealisasi.

Hari ini, Ayu kembali mendatangi Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Dia mengaku akan menunjukkan bukti rekening korannya kepada penyidik.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Laksono Hari W