Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh di Istana Berubah Jadi Panggung Hiburan

Kompas.com - 01/05/2013, 15:46 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa para buruh di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, tiba-tiba berubah menjadi panggung hiburan. Para buruh bernyanyi serta berjoget bersama untuk membangkitkan kembali semangat mereka sejak turun ke jalan pagi tadi, Rabu (1/5/2013).

Orator menghentikan sejenak orasi-orasi yang mereka sampaikan sejak kedatangannya ke Istana. Mereka kemudian memutar lagu-lagu hits, seperti Gangnam Style dan Andeca-andeci. Sebagian buruh yang sudah beristirahat dan duduk-duduk langsung berdiri dan berjoget bersama.

Selang beberapa saat, lagu-lagu rakyat ciptaan musisi kondang Iwan Fals membahana di depan Istana. Tanpa disuruh, buruh pun turut menyanyikan lagu tersebut dengan lantang dan penuh penghayatan. Mereka lalu mengepalkan tangan mereka dan mengangkatnya tinggi-tinggi.

Suasana semakin mencair ketika ada saling balas pantun yang dilontarkan oleh buruh. Gelak tawa pun terpancar dari wajah mereka. Pada saat itu, bendera-bendera yang mereka bawa kembali berkibaran. Sementara itu, petugas keamanan yang tadinya terlihat serius memantau kondisi mulai menggerakan kakinya mengikuti iringi musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com