Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuda dan Anjing Ikut Dikerahkan Kawal Demo Buruh

Kompas.com - 01/05/2013, 10:22 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Detasemen Turangga atau polisi berkuda dan Detasemen K9 atau polisi dengan anjing pelacak dari Polisi Satwa Den 9 Baharkam Mabes Polri turut dilibatkan dalam penjagaan depan gedung DPR dan MPR RI. Satuan ini dilibatkan untuk memberikan pengawalan pada bagian depan dan bagian belakang gedung DPR/MPR RI.

"Kita tujuannya hanya memberikan pelayanan pengamanan mereka (buruh) yang ingin menyampaikan pendapat. Jangan sampai mereka disusupi orang yang ingin membuat rusuh," kata Wakil Direktur Satwa Baharkam Mabes Polri Komisaris Besar Andri YB saat ditemui di depan gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Fungsi pasukan berkuda, lanjut Andri, dapat pula digunakan sebagai penghalau massa atau anti huru-hara. Pasukan yang diterjunkan kali ini dilengkapi pawang (penunggang) yang merupakan anggota kepolisian.

"Pasukan berkuda 10, pasukan K9 ada 10. Masing-masing 5 ditempatkan di depan, 5 lagi di belakang gedung DPR," ujar Andri. 

Situasi depan gedung DPR/MPR sampai dengan pukul 09.30 WIB ini terpantau belum didatangi massa elemen buruh. Arus lalu lintas di depan jalan yang mengarah ke Slipi terlihat lengang dan lancar. Begitu juga arus sebaliknya yang mengarah ke Semanggi.

Pada bagian dalam halaman gedung DPR/MPR, terlihat personel gabungan seperti Sabhara Polda Metro Jaya dan Polsek Tanah Abang berjaga. Beberapa unit mobil water cannon dan mobil pemadam kebakaran terlihat standby di dalam gedung DPR/MPR RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com