Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herlan Sendirian Hadapi Tuntutan, Istri Histeris

Kompas.com - 26/04/2013, 22:18 WIB
Amir Sodikin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Malang benar nasib terdakwa Herlan bin Ompo, kontraktor proyek bioremediasi PT Chevron Pacific Indonesia yang menjadi Direktur PT Sumigita Jaya. Selain mendapat tuntutan hukuman dari jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung yang fantastis, yaitu pidana penjara 15 tahun, ia harus menghadapi istrinya yang histeris karena tak terima dengan perlakuan itu.

Selain pidana penjara 15 tahun, Herlan juga dituntut membayar denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, Herlan juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara 6,9 juta dollar AS dan jika tak dibayar maka hartanya akan disita, dan jika tak mencukupi maka akan diganti dengan pidana penjara 5 tahun.

Mendengar tuntutan itu, keluarga dan kolega Herlan banyak yang berteriak histeris dan sebagian memekikkan takbir. Istri terdakwa, Sumiati, tak bisa menahan tangis. Ia juga histeris sambil mengucapkan takbir.

Seusai pembacaan tuntutan, Herlan tampak menahan emosinya. Majelis hakim sempat memutuskan untuk agenda pembelaan atau pleidoi terdakwa dilakukan pada Senin pekan depan. Herlan protes dan mengajukan perpanjangan waktu untuk membuat pleidoi sendiri.

"Opini dan rekayasa ini luar biasa bagi saya. Mohon beri waktu perpanjangan saya membuat pleidoi. Dari fakta persidangan, banyak bukti yang tidak disampaikan jaksa penuntut umum ke majelis hakim, jadi saya akan memberikan apa-apa yang akan kami diberikan kepada majelis hakim. Jadi mohon diberi waktu hingga hari jumat," pinta Herlan.

Sudharmawatiningsih akhirnya mengabulkan permintaan itu dan agenda pembelaan atau pleidoi akan dijadwalkan pada Jumat, 3 Mei 2013 sekitar pukul 14.00.

Di luar persidangan, penasihat hukum Herlan, Lindung Sihombing, mengatakan, tuntutan jaksa ini keterlaluan dan tidak manusiawi. Jelas terungkap di fakta persidangan bahwa kontraktor tak harus memiliki izin pengolahan limbah, yang harus mendapat izin adalah Chevron, perusahaan penghasil limbah. "Dari fakta-fakta di persidangan, jelas tak mendukung tuntutan itu," katanya.

Istri histeris

Seusai sidang, Herlan menghampiri istrinya. Sambil memeluk istrinya, Herlan menatap para jaksa penuntut umum penuh emosi sambil mengepalkan tangannya. Dari kerumunan pengunjung terdengar teriakan, "Mending tak usah disidangkan di pengadilan, dibawa ke hutan saja pakai hukum rimba."

Sumiati lemas tak mampu berdiri. Herlan pun membopong istrinya sambil keluar ruangan. Di depan pintu keluar, ia berhenti sejenak sambil mengarahkan pandangan ke para jaksa yang sedang bersiap keluar. "Saksikan ini semua, biar puas kalian. Ini koruptor, biar puas kalian. Hai jaksa dengerin," teriak Herlan yang badannya bergetar menahan emosi.

Para awak media yang berada di dekat Herlan mengurungkan niatnya memotret suasana mengharukan itu, tak kuasa memandang drama yang berlangsung tak seimbang itu. "Subhanallah, Allahu Akbar," begitu teriak seorang pengunjung.

Tanpa penasihat hukum

Terdakwa Herlan tampil menghadapi tuntutan tanpa didampingi penasihat hukumnya. Penasihat hukum memutuskan keluar dari persidangan atau walk out sejak sidang sepekan sebelumnya sebagai protes kepada majelis hakim yang diketuai Sudharmawatiningsih yang dianggap tidak adil.

Herlan juga sempat protes dengan cara menolak diperiksa sebagai terdakwa dan memilih bungkam ketika ditanya. Pangkal protes berasal dari keputusan Sudharmawatiningsih yang hanya memberi waktu sepekan bagi terdakwa untuk mengajukan saksi atau ahli meringankan, sedangkan jaksa penuntut umum diberi waktu hingga empat bulan.

Protes serupa juga dilakukan terdakwa lain, yaitu Ricksy Prematuri, Direktur Green Planet Indonesia yang juga kontraktor Chevron. Protes ini sebenarnya sudah berlarut-larut sejak tiga persidangan sebelumnya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com