Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Pengamanan Ekstra untuk May Day

Kompas.com - 23/04/2013, 14:07 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Pol) Putut Bayuseno menegaskan tidak ada pengamanan ekstra untuk mengawal aksi buruh dalam memperingati Hari Buruh pada 1 Mei 2013. Polisi akan melakukan pengamanan yang sama seperti pada peringatan-peringatan May Day sebelumnya.

Pihak kepolisian yang dibantu oleh TNI dan Satpol PP akan mengawal ribuan buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa, mulai dari pertama mereka datang sampai mereka membubarkan diri.

"Tidak ada. Tidak ada pengamanan khusus. Seperti biasa, massa akan dikawal dari titik kumpul," kata Putut di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (23/4/2013).

Putut mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih belum menentukan berapa jumlah personel yang akan diturunkan untuk mengamankan aksi buruh nanti. Menurutnya, hal itu akan segera ditentukan ketika sudah mengetahui berapa jumlah buruh yang akan turun ke jalan.

"Kita sesuaikan dengan buruh yang akan turun nanti, tapi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu," ucapnya.

Sementara itu, pihak TNI mengaku sudah siap untuk membantu petugas kepolisian untuk mengamankan demo ini. Saat ini, TNI sudah menyiapkan sekitar 22 satuan setingkat kompi (SSK). Untuk satu SSK, terdapat 200 personel.

"TNI akan memberikan bantuan kekuatan kepada kepolisian. Jumlahnya tidak jauh beda dengan tahun lalu, 22 SSK," ujar Kasdam Jaya Brigadir Jenderal Agung Risdhianto.

Berkaca dari peringatan May Day tahun lalu yang berjalan kondusif, petugas keamanan tidak akan memberikan pengamanan ekstra. Selain itu, saat ini sudah ada pernyataan dari pihak buruh untuk tidak melakukan unjuk rasa yang berujung anarkis.

Pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan beberapa elemen buruh untuk memperingati Hari Buruh Internasional ini dengan melakukan hal-hal yang positif, seperti olahraga, bakti sosial, maupun khitanan massal.

"Mereka sudah menyatakan akan melakukan kegiatan yang terbaik dan benar," tutup Putut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com