Sabtu, 20 Desember 2014

News / Nasional

Gerindra Optimistis Raih Tiga Besar

Senin, 22 April 2013 | 10:59 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon meyakini partainya bisa menempati posisi tiga besar dalam Pemilu Legislatif 2014. Ia mengklaim, pada pemilu mendatang, Gerindra mengajukan caleg dari latar belakang yang beragam. Selain pengurus dan kader partai, Gerindra mengusung bakal caleg dari kalangan tokoh politik, akademisi, tokoh agama, pengusaha, tokoh petani dan nelayan, buruh, artis, dan atlet. 

"Dengan konfigurasi DCS yang ada, Gerindra optimistis bisa meraih kursi DPR tiga besar," kata Fadli, Senin (22/4/2013).

Ia mengungkapkan, setidaknya ada sekitar 3.000 orang yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal caleg ke Partai Gerindra. Namun, setelah diseleksi oleh Badan Seleksi Caleg Partai, Gerindra memutuskan untuk memasukkan sebanyak 560 orang sebagai daftar calon sementara (DCS) yang akan didaftarkan ke KPU hari ini. Proses seleksi bakal caleg langsung dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto,

"Antusias publik sangat besar untuk mendaftar sebagai caleg dari Gerindra. Ini efek proses perekrutan secara terbuka melalui iklan yang kita pasang di berbagai media. Kami berusaha lakukan proses seleksi secara komprehensif, tapi tentu tak ada yang sempurna," ungkap Fadli.

Sebelumnya diberitakan, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menerbitkan hasil survei elektabilitas partai di masyarakat, Minggu (3/2/2013). Dari hasil survei tersebut, Gerindra menempati posisi ke-4 dengan raihan 7,2 persen suara responden. Posisi Gerindra masih di bawah Golkar (21,3), PDI-P (18,2), dan Partai Demokrat (8,3).

"Kami tidak terlalu yakin dengan hasil survei itu. Beberapa hasil survei lain, termasuk survei dari internal, kami sudah masuk tiga besar," kata Fadli Zon, beberapa waktu lalu.

Menurut Fadli, data yang diperoleh dari hasil-hasil survei lain menunjukkan popularitas Gerindra sudah melampaui angka tujuh persen. "Wah, sudah di atas tujuh (persen), kami yakin itu," kata Fadli.

Peluang untuk meningkatkan popularitas Gerindra, menurut Fadli, masih sangat terbuka. Pasalnya, dengan kondisi sejumlah partai yang sedang dililit masalah, beberapa partai lain yang relatif bersih diyakini bisa memperoleh keuntungan.

"Itu tidak dapat dipungkiri bahwa bisa saja kondisi ini berbuah positif bagi partai kami. Tapi, kami tidak serta merta mengambil manfaat kalau tidak ada upaya nyata untuk menunjukkan sisi positif kami," terang Fadli.

Terkait tingkat popularitas, kolektor karya seni ini menambahkan, selama ini, tingkat popularitas Ketua Dewan Pembina Partai Prabowo Subianto masih jauh di atas popularitas partai. Posisi tersebut diyakini bisa memperbesar peluang Prabowo untuk menjadi capres.


Penulis: Dani Prabowo
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary