Jumat, 25 April 2014

News / Nasional

Buruh Peringati Hari Kartini

Minggu, 21 April 2013 | 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan buruh dari Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI) memeringati Hari Kartini 21 April dengan berunjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (21/4/2013). Mereka antara lain menyerukan penolakan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak, hentikan ekspoloitasi perempuan, hentikan diskriminasi, naikkan upah buruh, dan turunkan harga kebutuhan pokok.

Selain perempuan yang menggenakan kebaya, unjuk rasa ini juga diikuti buruh laki-laki. Mereka bergantian berorasi menyatakan tuntutan. "Pemerintah memberikan kado manis peringatan Hari Kartini yaitu dengan rencana kenaikan harga BBM. Naiknya harga BBM akan membuat harga-harga ikut naik. Masyarakat yang akan dirugikan," seru salah satu orator bersemangat.

Pada aksi tersebut, pengunjuk rasa membawa bendera organisasi dan poster bertuliskan "naikkan upah buruh", "tolak UU BPJS", "tolak kenaikan BBM", "stop perdagangan bebas", dan lain-lain. Aksi ini digelar juga dalam rangka menyambut peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei mendatang.

 


Penulis: Heru Sri Kumoro
Editor : Rusdi Amral