Rabu, 3 September 2014

News / Nasional

Daftar Hari Terakhir, PBB Maju Penuh di Semua Dapil

Sabtu, 20 April 2013 | 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Bulan Bintang (PBB) akan menyerahkan daftar calon legislatif sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (22/4/2013) pekan mendatang. Hari itu merupakan hari terakhir pendaftaran bakal caleg sementara.

Ketua Majelis Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan, tidak ada masalah khusus yang menjadi alasan PBB baru menyerahkan DCS pada hari terakhir pendaftaran. Menurut Yusril, DCS sudah siap sejak Jumat (19/4/2013) malam, namun memang bakal calon yang mendaftarkan diri di luar perkiraan.

“Tidak ada masalah apa-apa, calon yang mendaftar memang banyak sekali. Kemarin malam DCS sudah siap, biar kami endapkan dulu, hari terakhir kami serahkan,” katanya melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com.

Dia mengatakan, ada lebih dari 1.000 orang yang mendaftarkan diri sebaga bakal caleg PBB. Dari 1.000-an orang tersebut, PBB telah melakukan seleksi sehingga menghasilkan 560 nama yang akan didaftarkan.

Yusril juga menyatakan, PBB siap maju dalam pemilihan legislatif April 2014 nanti. PBB pun telah memenuhi persayaratan kuota perempuan di atas 30 persen. “Kami maju penuh di semua dapil (daerah pemilihan),” ucap Yusril.

Seperti diberitakan, KPU membuka pendaftaran DCS mulai 9 hingga 22 April 2013. Waktu ini lebih panjang dibandingkan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu hingga 15 April 2013. Sejauh ini, baru Partai Keadilan Sejahtera yang menyerahkan DCS kepada KPU. Sementara, 10 partai lainnya, berencana mendaftar pada Minggu (21/4/2013) dan Senin mendatang.

Adapun partai yang berencana mendaftar pada Minggu adalah PDI-Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Sementara Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), berencana menyerahkan DCS ke KPU pada Senin mendatang.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Heru Margianto