Minggu, 23 November 2014

News / Nasional

Yenny Rahman, Anwar Fuady, dan Dede Yusuf, Caleg Demokrat

Sabtu, 20 April 2013 | 01:00 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti partai politik lain, Partai Demokrat juga akan mengusung calon legislatif (caleg) dari tokoh populer, terutama kalangan artis. Mereka sudah tercatat dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu 2014 yang dirampungkan, Jumat (19/4/2013) sore. Siapa saja mereka?

Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat (PD) Suaidi Marasabessy mengatakan, tokoh populer yang masuk dalam DCS di antaranya artis senior Yenny Rahman (yang akan maju di daerah pemilihan DKI Jakarta) dan Anwar Fuady dari dapil Palembang.

Ada pula artis yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf. Setelah gagal dalam dalam Pemilu Gubernur Jabar tahun 2013 , Dede akan maju sebagai caleg dari dapil Jawa Barat II. "Mereka datang sendiri," kata Suaidi seusai pertemuan internal Demokrat di Cibubur, Jawa Barat, Jumat malam.

Suaidi menambahkan, penetapan nomor urut di dapil dilakukan secara transparan, akuntabel, dan obyektif. Ia memastikan tidak ada pungutan uang selama proses seleksi hingga penentuan nomor urut.

"Tidak ada sepeser pun saya minta. Katanya kalau mau nomor urut satu atau nomor dua bayar dua ratus juta rupiah. Tidak benar itu. Bahkan pak SBY sendiri yang mengatakan tidak boleh ada pungutan. Kalau ada yang memungut informasikan pada saya," ucapnya.

Politisi Demokrat, Ruhut Sitompul, menyakini, dengan DCS saat ini minimal perolehan kursi Demokrat di Pemilu 2014 akan sama dengan periode 2009-2014, yakni 148 kursi. Ia yakin stigma negatif publik terhadap Demokrat akan hilang setelah Ketum DPP dipegang SBY.  "Terpenting saat ini semangat kebersamaan kami. Sekarang tidak ada kubu-kubu," ucap Ruhut.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Geliat Politik Jelang 2014


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Palupi Annisa Auliani