Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Black Box" Lion Air Ditemukan

Kompas.com - 15/04/2013, 19:26 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Setelah melakukan pencarian selama dua hari, cockpit voice recorder (CVR), salah satu perangkat black box Lion Air Boeing 737-800 yang jatuh di ujung landasan Bandara Ngurah Rai, berhasil ditemukan pukul 18.55 Wita petang tadi. CVR ditemukan oleh salah seorang penyelam dari Densipur TNI-AD bernama Lettu Rendy.

"Keadaannya sulit, aksesnya enggak ada, penerangan enggak ada," ujar Ramos Octaviano, salah seorang teknisi Lion Air yang ikut mengevakuasi black box.

Saat ditemukan, CVR masih berada di posisinya di bagian sayap pesawat. CVR ditemukan di kedalaman 2 meter saat air surut. Saat ditemukan, kondisi CVR dalam kondisi baik dan masih tertutup seperti semula.

Sebelumnya diberitakan, lima penyelam dari TNI-AD, Brimob, dan Basarnas menyelam ke bawah bangkai pesawat Lion Air Boeing 737-800 yang masih karam di ujung Landasan Bandara Ngurah Rai, Senin (15/4/2013) siang. Para penyelam ditugaskan untuk membantu proses pengangkatan ekor pesawat yang di dalamnya berisi CVR.

"Hari ini yang kita lakukan targetnya ekor pesawat ini. Mengapa harus kita angkat? Karena ada satu peralatan untuk investigasi KNKT, yaitu CVR," ujar Ketua Tim Emergency Operation Centre (EOC) Purwanto di lokasi jatuhnya Lion Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com