Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Bakar Spanduk, Pendemo RUU Ormas Bubar

Kompas.com - 12/04/2013, 14:32 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan aksi menolak RUU Ormas Jumat (12/4/2013) sejak pukul 10.00 WIB, ratusan mahasiswa beberapa kampus akhirnya membubarkan diri dari depan Gedung DPR RI, Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB. Di penghujung aksi, beberapa mahasiswa sempat membakar spanduk dan sejumlah tiang kayu.

Ppantauan Kompas.com, pembakaran spanduk dan juga kayu yang dilakukan sejumlah mahasiswa, tidak berlangsung lama. Koordinator aksi yang berada di atas mobil komando meminta agar api segera dimatikan.

Sejumlah mahasiswa diminta untuk tidak melakukan aksi provokasi dengan hal itu. Api kemudian dimatikan dengan menyiramkan air yang ada pada botol.

"Pak polisi yang bakar-bakar ditangkapin saja. Jangan ada bakar-bakaran, tolong itu dimatikan," ujar Koordinator aksi di lokasi.

Aksi penolakan RUU Ormas yang dilakukan mahasiswa berlangsung kurang lebih selama empat jam. Sempat ada insiden beberapa mahasiswa yang berusaha masuk dengan memajat pagar Gedung DPR untuk memasang bendera. Tetapi hal itu digagalkan petugas keamanan di dalam gedung DPR yang meminta sekitar tiga orang mahasiswa itu kembali keluar.

Kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan suasana ricuh. Dengan menumpang sejumlah bus metromini, ratusan mahasiswa pulang secara tertib meninggalkan Gedung DPR.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com