Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis Kasus Cebongan Harus Lihat CCTV di Hugo's Cafe

Kompas.com - 10/04/2013, 18:04 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Mantan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Hardiono Saroso, mengaku berharap polemik kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Yogyakarta, segera dihentikan.

Semua pihak juga diminta menghormati proses hukum yang berlaku. Meski begitu, ia mengaku bangga terhadap 11 pelaku yang memiliki jiwa kesatria sebagai prajurit, berani berbuat dan berani mempertanggungjawabkannya.

"Saya berharap polemik Cebongan dihentikan. Saya yakin orang yang membuat analisis tidak pernah melihat durasi CCTV yang sesungguhnya, apa yang terjadi di Hugo's Cafe," tandasnya, Rabu (10/4/2013).

Ia mengatakan, Serka Santoso yang meninggal dunia akibat dianiaya di Hugo's Cafe sedang melakukan tugas. Prajurit, ungkapnya, memiliki banyak tugas penting sehingga bisa berada di mana saja. "Sedang tugas," ujarnya.

Terkait dengan penegakan hukum kepada pelaku penyerangan di Lapas Cebongan, ia meminta semua pihak untuk menghormati. Semua bisa memonitor apa yang terjadi dalam proses hukum selanjutnya. "Kita harus hargai," tandasnya.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo juga mengatakan, proses hukum akan terbuka. Ia mempersilakan bagi siapa saja untuk mengikuti persidangan itu. "Pimpinan TNI dan Polri juga sudah memberikan statement jelas, itu kita hormati saja," kata Sunindyo.

Saat ditanya apakah sudah bertemu dengan 11 pelaku penyerangan kasus Cebongan, Sunindyo mengatakan belum bertemu. "Saya kan baru datang, ya mohon doanyalah," ujar Sunindyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com