Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Utara Akan "Nyaleg" Tahun Depan

Kompas.com - 05/04/2013, 22:56 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn tampaknya masih ingin berkarier dalam dunia politik. Tidak lagi mencalonkan diri sebagai calon gubernur Malut tahun ini karena sudah dua periode menjabat, ternyata Thaib memilih untuk maju sebagai calon anggota legisatif pada Pemilu 2014 mendatang.

Thaib Armaiyn yang juga mantan Ketua DPD I Partai Demokrat ini mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrat. Rencana pencalonan Thaib sebagai caleg 2014 dari Partai Demokrat, bukan lagi  rahasia umum di wilayah pemerintahannya.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi Maluku Utara Ramli Pilu selaku Juru Bicara Kantor Gubernur Malut pun membenarkan rencana pencalonan Thaib sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 mendatang.

"Beliau (Thaib, red) sekarang lagi mengurus administrasi pencalonan," ungkap Ramli, Jumat (5/4/2013).

Salah seorang fungsionaris DPD I Partai Demokrat yang meminta namanya tidak dipublikasikan mengatakan, rencana pencalonan Thaib sebagai caleg dari Partai Demokrat sangatlah serius. Ini terbukti karena Thaib telah memasukan berkas persyaratannya ke Partai Demokrat Maluku Utara.

Thaib bahkan beberapa waktu lalu sudah mengikuti tes urine sebagai salah satu syarat pencalonan legislatif di internal Partai Demokrat.

Selaku mantan Ketua DPD Partai Demokrat Malut, Thaib pilih mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Sejauh ini, baru dua nama yang mendaftarkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat Malut, yakni Thaib bersama seorang kader Demokrat Malut, Pdt Alpianus.

Sebagaimana diketahui, Thaib Armaiyn sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demkorat Maluku Utara. Namun, dirinya dipecat terkait kasus pengusiran mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Sekjen PD Edhie Baskoro. Insiden pengusiran Anas dan Edhie Baskoro itu terjadi di Bandara Babullah, Ternate, saat keduanya berencana menghadiri Musda DPD Partai Demokrat Maluku Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com